Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Program Literasi Digital – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
52

Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G. Plate menyampaikan arahannya secara virtual dalam Akselerasi Transformasi Digital: Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Program Literasi Digital. Dalam era 4.0 untuk mendukung program smart city, Pemerintah berupaya membangun digital talent scholarships, infrastruktur digital dan konektivitas yang inklusif.

Pelaksanaan Program Literasi Digital ini berkolaborasi dengan Kementerian Dalam Negeri yang menargetkan masyarakat kota, kabupaten dan desa di seluruh wilayah Indonesia. Dari data yang telah dipaparkan, ada 70.670 desa/kelurahan yang telah terjangkau internet 4G. Serta ada 12.548 desa/kelurahan yang belum terjangkau internet 4G dari 83.218 desa/kelurahan yang menggunakan internet. Maka dalam hal ini, pemerintah berupaya untuk meratakan akses penggunaaan internet 4G diseluruh desa/kelurahan di Indonesia.

Inisiasi penguatan literasi digital masyarakat Indonesia merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Kominfo dengan 108 Lembaga dan komunitas pegiat literasi. Menurut Menteri Kominfo, Literasi Digital berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif sumber daya manusia di Indonesia agar keterampilannya tidak sebatas mengoperasikan gawai.

“Gerakan Nasional Literasi Digital merupakan program yang paling dasar yang dapat diperkenalkan kepada masyarakat”. Ujar Johny G. Plate.

Dalam menjalankan program tersebut tentu tidak jauh dari tantangan dan risiko di ruang digital ,maka harus memperhatikan Digital Skills, Digital Ethics, Digital Culture, Digital Safety. Sehingga diharapkan kegiatan literasi digital bisa menjangkau lebih banyak masyarakat serta mengajak masyarakat untuk bisa memahami agar tergerak dan bermigrasi.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here