Home Berita Magetan 10 Tahun Program Biogas Rumah Indonesia – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

10 Tahun Program Biogas Rumah Indonesia – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
10 Tahun Program Biogas Rumah Indonesia – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan Saif Muchlissun ikuti Opening Ceremony dari  Learning Event Satu Dekade Program Biogas Rumah Indonesia secara virtual di Ruang Rapat Pendopo Surya Graha, Selasa (23/3). Learning Event Satu Dekade Program Biogas Rumah Indonesia dilaksanakan 2 hari, 23-24 Maret 2021 oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral RI.

Dadan Kusdiana Dirjen EBTKE mewakili Menteri ESDM dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya pelaksanaan Learning Event Satu Dekade Program Biogas Rumah Indonesia dapat membantu penyebaran informasi mengenai biogas rumah. “Melalui pelaksanaan Learning Event diharapkan mampu membantu penyebaran informasi yang terkait program biogas rumah dan dapat meningkatkan peluang pemanfaatannya di masa depan.” akhir Dadan.

Program Biogas Rumah Indonesia merupakan program dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang bekerja sama dengan Hivos serta didukung oleh Energising Development (EnDev). Program ini bertujuan untuk berkontribusi pada kemakmuran ekonomi serta menekankan pengurangan kemiskinan di Indonesia. Dengan menyediakan akses energi bersih dan terjangkau melalui  pengembangan sektor biogas.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemerintah menyusun Grand Strategy Energi Nasional dengan memanfaatkan sumber Energi Baru dan Terbarukan (EBT) dengan memperhatikan ketersediaan EBT dan menyesuaikan tren perekonomian di Indonesia. Strategi yang dikembangkan antara lain: meningkatkan lifting minyak bumi, mendorong pengembangan kendaraan listrik, pengembangan kilang minyak untuk mengurangi impor minyak.

Diharapkan dengan adanya strategi yang dikembangkan pemerintah, dapat menjamin ketersediaan energi dengan kualitas yang baik, terjangkau, serta ramah lingkungan. Sehingga, kemakmuran ekonomi meningkat dan menurunnya kemiskinan di Indonesia.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here