Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Lingkungan BPBD Kab. Magetan

0
9

Seluruh Pegawai di Lingkungan BPBD Kabupaten Magetan mengikuti Upacara Bendera memperingati Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2024. Sebagian upacara di halaman Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan, Sebagian lagi di Halaman BPBD Kabupaten Magetan.

Upacara di Halaman kantor BPBD dimulai pada pukul 07.00 WIB.
Bertindak selaku Pemimpin Upacara yaitu Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kab. Magetan Bapak Yok Sujarwadi, SSTP dan yang Bertindak selaku Komandan Upacara; Sudarsono.

Pada upacara ini dibacakan sambutan Plt. Bupati Magetan dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila. Peringatan Hari Lahir Pancasila untuk tahun 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Hal ini sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 2 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.

Tema tersebut bermakna bahwa Pancasila telah menyatukan seluruh bangsa Indonesia dengan segala perbedaannya. Persatuan ini diharapkan dapat menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Masih dari surat edaran yang sama, logo peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 tahun ini berupa “Sandra Taru” yang berarti Pohon Persatuan. Logo tersebut mencerminkan gotong royong dan kesetaraan.

Sandra Taru atau Pohon Persatuan diambil dari nilai sila ketiga Pancasila yang bersimbol pohon beringin. Pohon dilambangkan sebagai sumber kehidupan dan menjadi kekuatan bangsa Indonesia.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here