Hari Kedua Bimtek Ketahanan Pangan, Sasar Peternakan – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
10

Hari Kedua Bimtek Ketahanan Pangan, Sasar Peternakan

Memasuki hari ke 2 Bimtek ketahanan pangan yang diikuti oleh seluruh kepala desa, dan anggota BPD serta perwakilan tokoh masyarakat dari desa se Kecamatan Nguntoronadi membahas tema peternakan, Rabu (6/6/2024)

Sebagai narasumber Prof.dr Gembong Danudiningrat serta Ir. Budi Raharjo praktisi peternakan sampaikan hal hal terkait teknik dan metode peternakan baik itu perikanan maupun peternakan sapi dan kambing secara mandiri.

Budi Raharjo mengatakan “Disini kita memberikan materi dan praktek bagaimana beternak secara mandiri, antara lain kita beri materi membuat obat gatal dan luka secara mandiri bagi ternak yg tidak tergantung pada industri obat obatan. Selain itu kita harus bisa menjadi peternak yang cerdas dengan mengupgrade pengetahuan. Manfaatkan semua potensi yang ada disekitar kita sebaik baiknya.” ujar Budi.

“Sebagai Peternak kita harus mandiri jangan tergantung pada industri obat. Itulah salah satu kunci dari kemandirian pangan,” lanjut Budi.

Sementara itu Prof. Dr. Gembong Danudiningrat menjelaskan “Bimtek ini mengajari para peternak bagaimana untuk meningkatkan kadar protein dari bahan yang ada. kalau bahan pakan tersebut diaplikasikan dengan pemberian bakteri dari hasil penelitian kita bisa naikan proteinnya dari 0 % menjadi 10-15%. tentunya pakan hasil fermentasi ini akan semakin meningkat mutu dan kualitasnya,” ujarnya.

Setelah mengikuti kegiatan materi dilanjutkan dengan aplikasi praktek dilapangan. Peserta diajari cara penyiapan kolam ikan lele sebelum ditebar benih, pembuatan kompos, pembuatan pakan untuk kambing dan sapi dengan sistem fermentasi dengan menggunakan bakteri dan enzim khusus. Selanjutnya kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab.(Diskominfo / kontrib.bst / fa2 / IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here