Uji Tera Demi Kenyamanan Pedagang Dan Pembeli – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
27

Tera adalah tanda uji pada alat ukur, sementara tera ulang adalah pengujian kembali secara berkala terhadap Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) dan yang dipakai dalam perdagangan. Peserta dari seluruh Kepala Desa yang berada di Kec. Magetan dan acara digelar di Aula Kecamatan Magetan, (14/9).

Kepala Bidang Perdagangan Suwarno menyampaikan, Tera ini sangat penting karena untuk melindungi pembeli dan pedagang. Program Tera merupakan program dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan yang akan dilaksanakan di seluruh kecamatan, dimana Kec. Magetan merupakan kecamatan  ke 10 untuk pelaksanaan tera tahun ini.

Alat timbang dalam setahun penggunaanya harus diuji apakah sesuai dengan standart dan tidak mengalami kerusakan, harus dikalibrasi lagi. Dimasyarakat berkembang pemahaman bahwa timbangan digital atau elektrik pasti benar, pemahaman masyarakat ini kurang bener . Setiap alat timbang harus diuji lagi meskipun itu timbangan digital karena selama penggunaan pasti ada pergeseran pengukuran. Karena  pentingnya tera ulang, maka dinas Indag selain lewat sosialisi resmi juga mengajak masyarakat untuk menyebarluaskan program ini di masing-masing kelurahan maupun kecamatan.  Sidang tera kali  ini terpisah dengan siding tera dipasar, program  sidang tera  ini dimaksudkan untuk masyarakat non pasar seperti ditoko-toko, warung di masyarakat sekitar. Jadi catat tanggal mainnya mulai tanggal 20-23 jadwal di Magetan untuk melakukan tera.

Sekretaris Camat Magetan Fisco Yudha Arista mengatakan bahwa kegiatan tera ulang ini memang diatur dalam perundang-undangan dan kegiatan tera ulang ini wajib dilakukan oleh pedagang, karena tera ulang ini untuk memastikan akurasi dari alat timbang/alat tukur. Maka dari Itulah pemerintah diminta hadir di masyarakat untuk ntuk memastikan keadilan dapat diterima seluruh masyarakat. Ditengah perekonomian untuk memastikan bahwa perdagangan dan pembeli sama-sama puas terfasilitasi karena keadilan sesuai alat ukur tidak ada yg dirugikan. Jadi butuh bantuan dari pemerintah daerah. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin dan dapat dipastikan dengan baik karena ini ditengah pandemi covid-19 agar masyarakat tetep sehat dan perekonomian tetap berjalan dengan lancar.

(diskominfo/wan/fa2)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here