Tanpa Lelah, TRC BPBD Bantu Masyarakat Hadapi Pandemi – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
16

Satu tahun lebih berjalan, kasus penularan virus corona masih tinggi. Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat dihimbau untuk selalu menerapkan prokes dimanapun dan kapanpun. Selain itu, selama pandemi Covid-19 menjaga sekaligus memantau kesehatan termasuk hal penting yang pantang untuk diabaikan.

Saat ini  angka terconfirm positif Covid-19 di Magetan terus meninggkat. Angka kematian dikarenakan Covid-19 masih juga terus bertambah. Hal tersebut tidak bisa kita anggap sepele.

Kondisi pandemi mengakibatkan banyaknya korban meninggal dan tidak dapat ditentukan dengan pasti apakah jenazah atau kematian itu meninggal karena Covid-19. Hal ini membutuhkan langkah-langkah tatalaksana secara spesifik untuk mencegah terjadinya penyebaran kepada tenaga medis maupun tenaga pemulasaran jenazah,  keluarga serta masyarakat secara umum.

Tanpa kita sadari peran serta tenaga kesehatan, petugas pencegahan covid dan relawan covid  begitu berarti selama ini. Seperti halnya Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) Magetan menjadi bagian utama dalam kasus kematian akibat Covid-19.

Sudah sepantasnya kita apresiasi peran serta Tim TRC BPBD Magetan. Bagaimana tidak, mulai dari sterilisasi rumah pasien terconfirm positif, penjagaan di fasilitas khusus karantina, pengiriman bantuan sembako, pemulasaraan jenazah sampai pemakaman mereka tangani tanpa mengenal waktu. Belum lagi saat musim-musim tertentu bencana alam yang tidak bisa diprediksi harus juga ditangani TRC BPBD Magetan.

Tak pandang tugas pagi, siang, sore, malam bahkan cuaca serta medan lokasi pemakaman berlandaskan kemanusiaan mereka jalankan tanpa rasa mengeluh. Rasa lelah selalu mereka rasakan. Namun, hal tersebut harus dikalahkan dengan tugas kemanusiaan untuk menghadapi pandemi ini yang tak tahu kapan berakhirnya.

Sampai sore ini saja TRC BPBD Magetan bertugas pemakaman di 4 lokasi, yakni di Ds. Ringinagung, Kel. Kebonagung, Sukomoro dan Parang.

Mereka juga sudah letih dengan kondisi ini,meraka juga Manusia biasa yang ingin menghabiskan waktu2 sengang dengan keluarga namun kondisi saat ini belum memungkinkan karena tuntutan tugas didepan mata.

Harapan mereka tidak muluk2, hanya meminta masyarakat Magetan untuk tetap disiplin protokol kesehatan 5M, dengan begitu bisa mengurangi beban kerja mereka karena angka kematian di tengah pandemi bisa berkurang.sehingga mereka bisa lebih punya waktu untuk keluarga.

Sahabat Kominfo..ayo selalu disiplin Protokol Kesehatan,selalu menjaga imunitas dengan istirahat cukup, olahraga teratur, dan konsumsi makanan bergizi seimbang

Mari berubah untuk usir wabah. Bersama melawan COVID-19.

(Diskominfo:cup/IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here