Soto Obor masakan Khas Maospati Yang Melegenda – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
154

Soto Obor masakan Khas Maospati Yang Melegenda

Setiap daerah niscaya punya ciri khas atau tradisi masing-masing. Seperti di Kelurahan Keraton Kecamatan Maospati yang punya masakan khas Soto Obor. Acara diselenggarakan di Sendang Kamal Maospati dan diinisiasi pokdarwis Kelurahan Keraton. Minggu (18/6).

Seperti yang dilaporkan oleh Lurah Keraton Sarbini. ST, menyampaikan, adanya kalender event yang ada di Magetan, bahwa bulan Juni ini Kel. Kraton ada kegiatan festival makanan dahulu atau jadul. Dari tokoh masyarakat dan pokdarwis menyepakati untuk melestarikan cagar budaya pada tanggal 18 Juni, mengadakan kirab gunungan produk home industri Kel. Keraton dan kirab tumpeng di larung serta adanya pengukuhan soto obor yang menjadi kekayaan masakan asli Dukuh Sumber Kel. Kraton, imbuhnya.

Ditempat yang sama, Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto. SH., M.Si berpesan, “setelah dilaunching tadi tolong pokdarwis, masakan soto obor ditulis atau dicatat agar tidak ada penyimpangan sejarah karena ada sumbernya.” Maospati, Kel. Keraton punya nilai sejarah sejak dulu seperti prasasti ini di era Mataram antik. Kepada pokdarwis, ini harus dijaga agar tidak hilang tradisi tersebut dan disini sebagai sumber masakan Magetan khususnya soto obor.

Disela acara Bupati menyempatkan mencoba masakan soto obor dan selanjutnya melarungkan tumpeng di sendang. Acara festival tersebut dihadiri Bupati Magetan, Forkopimca Maospati, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan.(Diskominfo: wan / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here