SIPEDAL, “Senjata Baru” Bagian Administrasi Pembangunan untuk Pengendalian, Monitoring dan penilaian penyelenggaraan Kegiatan

0
137

SIPEDAL adalah aplikasi pengendalian, pemantauan, dan penilaian penyelenggaraan pekerjaan fisik, mulai dari awal penyelenggaraan hingga akhir penyelenggaraan pekerjaan. Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi SIPEDAL digelar Bagian Administrasi Pembangunan pada Jum’at (11/08/2023) di Ruang Rapat Bappeda Litbang Kabupaten Magetan, dengan melibatkan 29 OPD. Sebelumnya SIPEDAL telah diuji coba oleh Tim Efektif SIPEDAL dari Bagian Administrasi Pembangunan dan Dinas Kominfo serta Bagian Pengadaan Barang dan Jasa pada Selasa (1/08/2023) dan Senin (7/08/2023). Selanjutnya untuk tahap awal akan dilakukan uji coba secara biasa untuk 3 (tiga) OPD yang mempunyai paket pekerjaan terbanyak, yakni Dinas Pekerjaan biasa dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Lingkungan Hidup (DLH),dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPHPKP).
Dengan kemunculan SIPEDAL ini, diharapkan memudahkan pimpinan dalam pengambilan keputusan karena data yang tersaji adalah data real time penyelenggaraan kegiatan fisik, pengendalian dan monitoring menjadi lebih efektif dan efisien bagus untuk Bagian Administrasi Pembangunan maupun OPD terkait, serta memudahkan pengelola pengadaan barang/jasa memantau sisa kemampuan paket fisik bangunan karena Aplikasi SIPEDAL ini mengintegrasikan SIRUP, LPSE sekaligus SINEMART. Pemanfaatan SIPEDAL secara serentak akan dilaksanakan pada tahun 2024 dan akan dituangkan pada panduan penyelenggaraan APBD 2024.

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here