Sinergitas dan Kolaborasi Dalam Pengembangan Teknologi Informasi Di Magetan – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
4

Sinergitas dan Kolaborasi Dalam Pengembangan Teknologi Informasi Di Magetan

Acara ini merupakan kolaborasi dari Dinas Kominfo bersama Dinas Parbud Magetan. Sinergitas dan kolaborasi ini diselenggarakan di rumah makan Harmada Joglo Magetan dengan tema “Kreatifitas Dalam Membangun Ekonomi di Kabupaten Magetan”. Senin,(13/5). Acara dihadiri Dinas Kominfo Magetan, Dinas Parbud Magetan, MCH (Magetan Creative Hub), Relawan TIK Magetan.

Sekretaris Dinas Kominfo Magetan, Joko Waluyo., SE, M.Eng menjelaskan, “Pengembangan sumber data TIK ini dapat menjadi salah satu program yang kita prioritaskan  di kegiatan Diskominfo, tetapi selama ini belum mendapat intervensi secara lebih intens. Dan kegiatan ini dapat menjdi Pilot Project untuk daerah lain. Kami mohon teman-teman RTIK untuk berkolaborasi dari TIK Diskominfo dan Disbudpar Magetan,” ungkapnya.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Eko Budiono. SH menyampaikan, “Ekosistem ekonomi kreatif  sangat ditunjang adanya komunikasi efektif yang memungkinkan semua terlibat dalam pengembangan ekonomi kreatif dapat berperan sesuai dengan kemampuan intelektualitasnya, mampu menghasilkan output yang maksimal, tidak hanya sebatas workshop dan pertemuan diskusi,” ungkapnya.

Selanjutnya Eko menambahkan, diperlukannya strategi komunikasi yang efektif karena itu masyarakat perlu menguasai segmentasi, mengupdate isu, mengenali media komunikasi, penggunaan diksi, serta REACH (Respect, Empaty, Audity, Clarity, Humble). Perlu adanya kolaborasi pemerintah, masyarakat,  praktisi, akademisi dan komunitas untuk memberikan informasi dengan cepat.

Kabid Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yosef Cahyo Wibawanto,ST mengatakan, pemasaran pariwisata menjadi aspek penting bagi industri pariwisata di seluruh dunia. Perlu adanya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat yang dalam hal ini Influencer dan Blogger media sosial (medsos) perlu dilibatkan.  Influencer dan Blogger ini mempunyai daya jangkau yang luas dapat membantu destinasi wisata dalam mempromosikan produk dan layanan mereka ke audiens yang lebih luas.

“Bekerjasama dengan Influencer dan Blogger dapat membantu meningkatkan awareness dan brand awareness dari destinasi wisata yang dipromosikan,” jelasnya.(Diskominfo:wan / fa2 / IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here