RPH Magetan Laksanakan Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha Dari Masyarakat Secara Gratis – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
103

RPH Magetan Laksanakan Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha Dari Masyarakat Secara Gratis

Rumah Potong Hewan (RPH) Kabupaten Magetan yang berlokasi di Jln Samudera Barat SMK YKP Magetan, laksanakan pemotongan Sapi Hewan Kurban.Selama 3 hari kedepan RPH melayani pemotongan kurban dari masyarakat yang sudah mendaftar sebelumnya, satu persatu sapi digiring dari kandang pengistirahatan menuju ruangan pemotongan. Di letak ini , ada 2 tim yang siap menyembelih sapi kurban . Kamis(29/6/2023).

Setelah hewan kurban di kuliti dan dipisah antara kulit, daging dan jerohannya, Selanjutnya, daging kurban tersebut kembali dibawa oleh masing masing panitia kurban untuk di bungkus sesuai lingkungan masyarakat yang kurban tersebut. Sebagian besar takmir masjid yang menyembelih hewan kurban berasal dari masjid sekeliling kota Magetan.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Magetan Drh Nur Hariyani mengatakan, ” Sampai ketika ini ada 90 ekor sapi yang terdata dan mendaftar serta layak dipotong di RPH ini. Untuk panitia kurban yang sudah mendaftar pihaknya melayani pemotongan kurban sampai 3 hari kedepan dan seluruh itu gratis tidak ada restribusi yang kita pungut dari masyarakat. ” terang Nur Hariyani.

“Untuk dokter hewan yang bertugas ada 6 orang yang standby di RPH ini. Kami fasilitasi masyarakat setiap tahun untuk menyembelih hewan kurbannya di sini dengan standar operasional mekanisme yang ketat, agar daging memenuhi standar yakni kondusif, Sehat,Utuh dan Halal ( ASUH ). Sampai ketika ini alhamdulillah Sapi yang masuk dalam keadaan sehat dan layak untuk di konsumsi, karena petugas kita selalu mengawasi mulai ketika sapi masuk , ante mortem sampai post mortemnya. Misal ada hati yang rusak parah langsung kita buang, sesuai kadar kerusakannya. ” pungkas Kadin Disnakan.(Diskominfo / kontrib.bst / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here