Revitalisasi Perpustakaan : KKN-T UNESA Membantu Menghidupkan Kembali Perpustakaan Yang Terbengkalai Di SMPN 2 Poncol

0
130

Perpustakaan merupakan tempat untuk memperoleh dan mengembangkan informasi ataupun pengetahuan yang dikelola oleh lembaga pendidikan, dan juga menjadi sarana edukatif yang membantu memperlancar cakrawala pendidik dan peserta didik dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Perpustakaan sendiri memiliki fungsi sebagai berikut ;

  • Fungsi penyimpanan yaitu perpustakaan menyimpan koleksi namun tidak semua koleksi dapat dijangkau oleh perpustakaan.
  • Fungsi informasi, yaitu perpustakaan menyajikan banyak sekali informasi yang dibutuhkan masyarakat melalui buku, majalah danyang lainnya.
  • Fungsi pendidikan yaitu perpustakaan merupakan tempat yang menyediakan sarana untuk belajar baik dilingkungan formal maupun non formal.
  • Fungsi rekreasi yaitu bahwa perpustakaan berisikan berbagai sumber informasi hiburan seperti cerita rakyat, sejarah, puisi, dan lain-lain sehingga masyarakat dapat meningkatkan rekreasi kultural dengan membacanya.

Perpustakaan terdiri dari beberapa orang yang berhubungan dengan dunia kepustakawaan yakni pustakawan, kepustakaan dan ilmu perpustakaan. Adapun pustakawanan yakni orang yang bekerja pada lembaga perpustakaan dan memiliki pendidikan perpustakaan secara resmi. Kepustakaan yakni merupakan bahan acuan dalam menghasilkan atau menyusun tulisan baik berupa artikel, karangan, buku, laporan, dan lainnya.

Mahasiswa KKN-T UNESA Kelompok Magetan 23 yang berada di Kecamatan Poncol, Desa Cileng memiliki program kerja untuk merevitalisasi perpustakaan yang ada di SMP Negeri 2 Poncol, dengan konsep yang disepakati oleh pihak mahasiswa dan sekolah.

” Saya sangat antusias dengan adanya KKN-T UNESA yang ada diDesa Cileng untuk menghidupkan kembali perpustakaan yang sudah lama tidak dipakai atau tidak terawat. Saya harap dengan bantuan KKN-T UNESA bisa menghidupkan kembali perpustakaan di SMP Negeri 2 Poncol” ujar Umi, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Poncol ketika ditanyai tentang revitalisasi perpustakaan.

SMP Negeri 2 Poncol memiliki perpustakaan yang lumayan luas akan tetapi, perpustakaan tersebut sangat terbengkalai tidak terawat, yang membuat perpustakaan menjadi sepi dan jarang sekali dikunjungi oleh peserta didik.

Revitalisasi perpustakaan yang dilakukan mahasiswa KKN-T UNESA meliputi membersihkan perpustakaan, membersihkan buku, memindahkan rak buku, mengklasifikasikan buku sesuai jenisnya serta menata ulang buku ke dalam rak. Program kerja ini dikerjakan dengan kurun waktu 1 sampai 2 minggu.

“Perpustakaan menjadi lebih tertata dan lebih bersih, saya menjadi lebih nyaman untuk membaca buku diperpustakaan.” ujarnya Gilang, murid SMP Negeri 2 Poncol ketika berkunjung ke perpustakaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here