RAKOR PENANGANAN INFLASI DAERAH, SENIN 10 APRIL 2023 – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
115

RAKOR PENANGANAN INFLASI DAERAH, SENIN 10 APRIL 2023

Mentri Dalam Negri Republik Indonesia Tito Karnavian dalam rakor ini menyampaikan kondisi inflasi Indonesia Maret 2023 dalam keadaan kondusif, dan mengucapkan banyak terima kasih pada seluruh jajaran yang membantu penanganan inflasi di daerahnya masing masing. Inflasi terendah Prop DKI Jakarta dan Kota Tarakan serta Kab Indragiri Hilir Riau. Penyumbang inflasi terbesar dari sektor angkutan udara, karena tingginya biaya operasioanal.

Untuk menekan inflasi menjelang lebaran perlu adanya upaya upaya yakni operasi pasar murah, pemberian bansos bagi yang tidak bisa, mengecek kecukupan suplai pangan, melakukan intervensi kalau terjadi kenaikan komoditas tertentu. Sedangkan inflasi tahun ke tahun mencapai  4,97%, selain itu Kemendagri akan mengeluarkan edaran pada pemerintah prop/daerah untuk dukungan arus mudik, kesiapan tempat wisata, pengaturan pasar tumpah, pengamanan lingkungan, kesiapan pemadam oebakaran dan Pol PP serta kesiapsiagaan bencana alam.

Juru bicara BPS Pusat dalam laporanya menyampikan perkembangan harga menjelang lebaran secara nasional minggu ke 1 April 2023 ada 2 tren harga yang naik dan turun yakni beras naik di beberapa daerah,tepung terigu dan telur ayam, minyak goreng dan komoditas lainya mengalami penurunan harga di April Minggu ke 1. Untuk daerah Jawa Timur dalam kondisi kondusif terkendali tetapi tetap waspada dengan pasokan kebutuhan pokok agar tidak mengalami lonjakan/kenaikan harga. Secara biasa di daerah seluruh Indonesia mengalami penurunan harga bahan pokok.

Hadir dalam rakor penanganan inflasi ini Bupati Magetan Suprawoto,Sekdakab Magetan,Forkopimda Magetan dan OPD terkait. Acara di adakan di Ruang Rapat Pendopo Surya Graha Magetan dimulai pukul 08.00 WIB tepat. (10/4).(Diskominfo: to2 / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here