RAKOR INFLASI BERSAMA KEMENDAGRI SECARA VIRTUAL, SEKJEN KEMENDAGRI HARAP KEPALA DAERAH TURUN LANGSUNG KE LAPANGAN

0
4

RAKOR INFLASI BERSAMA KEMENDAGRI SECARA VIRTUAL, SEKJEN KEMENDAGRI HARAP KEPALA DAERAH TURUN LANGSUNG KE LAPANGAN

Hergunadi, Pj Bupati Magetan bersama perwakilan Forkopimda Magetan dan OPD terkait mengikuti rakor inflasi secara virtual yang dipimpin oleh Plt Sekjen Kemendagri, Tomsi Tohir di Ruang Rapat Pendapa Surya Graha, Senin (20/5).

Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir yang memimpin secara virtual, mengharapkan para kepala daerah untuk mengoreksi langkah-langkah pengendalian inflasi di daerah masing-masing, dengan langsung turun ke lapangan.

“Kepala daerah harus melihat tetangga sebelah, baik itu Gubernur, Bupati, Walikota, kalau tetangganya inflasinya bisa terjaga, namun di daerahnya sendiri tidak bisa terkendali, maka harus mencontoh tetangga sebelahnya. Teman-teman kepala daerah untuk fokus mengendalikan inflasi ini terutama bahan pangan seperti beras, bawang merah cabai merah, gula pasir dan termasuk minyak goreng,” katanya.

Tomsi Tohir juga berharap, seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) dan Kementerian Lembaga (KL) untuk aktif melaporkan perkembangan harga bahan-bahan pangan melalui wasinflasi.kemendagri.go.id, sehingga pemerintah bersama pihak-pihak terkait dapat mencari solusi terbaik dalam penanganannya.

Deputi I Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini menyampaikan tinjauan inflasi dan Indeks Perkembangan Harga Minggu ke-3 Mei 2024 secara historis dari 2020 – 2023 pada Mei selalu mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi pada Mei 2022 sebesar 0,40%. Adapun kelompok yang dominan menyumbang inflasi pada periode Mei adalah makanan, minuman dan tembakau, bawang merah, daging ayam ras, ikan segar dan daging sapi.

“Inflasi komoditas berdasarksan pemantauan harga Sistem Pemantuan Pasar dan Kebutuhan Pokok. (SP2KP) pada minggu kedua Mei 2024, beberapa komoditas pangan yang harganya meningkat dan perlu diwaspadai, karena terjadi penambahan jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga bawang merah, cabai merah, gula pasir, bawang putih dan telur ayam ras. Namun harga beras terus mengalami penurunan sampai dengan Mei 2024, seiring masuknya panen raya sepanjang Maret-April 2024,” jelasnya.(Diskominfo:may / fa2 / IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here