Pusaka Jawa; Pelestari Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan

0
14

Mbulan Ndhadari yang menjadi salah satu agenda rutin Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Magetan telah memasuki episode ke 12. Kegiatan yang secara kontinyu dilaksanakan tiap bulan tersebut, diharapkan dapat menumbuhkan semangat literasi masyarakat dan mengembangkan budaya lokal di Magetan.

Mbulan Dhadhari episode 12 diadakan pada Jumat 26 Mei 2023 dengan mengambil tema gelegar budaya Hardiknas 2023. Selain menampilkan seni tari budaya dan geguritan dari siswa-siswi SMP di Kabupaten Magetan, pada kesempatan itu juga diserahkan penghargaan bagi para pemenang lomba Geguritan.

Adapun acara inti dalam Mbulan Dhadari kali ini adalah lembaga obrolan terkait Lembaga Pusaka Jawa yang diinisiasi oleh Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM. Hadir sebagai Narasumber primer dalam lembaga obrolan tersebut Prof. Dr.Setiadi, M.Si salah satu guru besar FIB UGM. Tujuan primer pendirian Pusat Kajian (Pusaka) Jawa, adalah untuk menghadapi tantangan yang tengah dihadapi bahasa, sastra dan budaya Jawa terkait posisinya di tengah arus nasionalisasi dan globalisasi.

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here