Potensi Wisata Alam Panekan, Bupati; Kembangkan!

0
13

Isu lingkungan di daerah Panekan masih menjadi topik utama dalam kunjungan Bupati hari ini, Jumat (13/4), sehingga pemanfaatan potensi lokalnya terutama dibidang pariwisata perlu dikaji bersama dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Bertempat di Kediaman Mbah Sugito, Desa Sukowidi, Panekan, Bupati beserta jajaran OPD, Forkompinca serta Kepala Desa dan Perangkatnya mengadakan pertemuan dengan bahasan pengembangan wisata di kawasan Panekan.

Dalam kesempatan ini Bupati mengutarakan keinginannya untuk wisata di Magetan ini dikembangkan dengan terintegrasi dalam pengelolaannya serta mampu menyasar segmen yang jelas.

“Dalam hal ini (pengembangan wisata) tentunya koordinasi lintas sektoral harus senantiasa dilakukan, sehingga kita tahu mana yang akan menjadi prioritas pengembangan” tandas Bupati

Sedikit informasi tambahan tentang Mbah Sugito yang kediamannya dijadikan pertemuan kali ini, beliau adalah seorang relawan pelestari lingkungan asal Desa Sukowidi.

Salah satu buah keringat Mbah Sugito bersama teman-teman dari LMDH ‘Lawu Suko Lestari’ dalam melestarikan bumi kandung Wukir Mahendra Giri (Gunung Lawu) adalah dengan melakukan reboisasi di area Perhutani RPH Bedagung seluas 1800 hektar berupa tanaman Eucalyptus deglupta sejumlah 3 kuintal sejak 2002, 4 (empat) tahun sejak reboisasi pertama kali dilakukan, kawasan yang dulunya kering kini mulai menunjukkan tren positif dengan munculnya sumber air yang mampu untuk irigasi pertanian serta kebutuhan air minum warga sekitar.

Berkat upaya yang telah beliau lakukan bersama LMDH ‘Lawu Suko Lestari’ kerjakan selama ini, mereka masuk dalam nominator Kalpataru 2022 untuk Kategori Penyelamat Lingkungan.
(Prokopim/lio/be

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here