Pemkab Magetan Peringati Hari Otonom Daerah ke XXVIII – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
6

Pemkab Magetan Peringati Hari Otonom Daerah ke XXVIII

Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII mengusung tema: “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat.” Tema Hari Otonomi Daerah ke XXVIII ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pj Sekda, Drs. Hermawan. M.Si menyampaikan amanat Kemendagri Muhammad Tito Karnavian “Perjalanan kebijakan otonomi daerah selama lebih dari seperempat abad merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk memaknai kembali arti, filosofi dan tujuan dari otonomi daerah,” jelasnya.

Setelah 28 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, berupa meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan Fiskal Daerah. Kepada daerah yang kemampuan PAD dan fiskalnya baik tetapi IPM-nya masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi dan akses infrastruktur belum baik, perlu kiranya melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif serta efisien.

“Saya juga menghimbau bagi daerah yang masih rendah PAD-nya, agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD, tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat,” jelas amanat Kemendagri yang dibacakan Pj. Sekda Hermawan.

Apel hari Otonomi Daerah ini diikuti Pj. Sekda Magetan, Seluruh Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat dan seluruh karyawan dan karyawati Pemkab Magetan. Apel digelar di Halaman Sekretariat Pemkab Magetan. Kamis (25/4).(Diskominfo:wan / fa2 / IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here