Meningkatkan Peran KIM Melalui Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
23

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sangat penting keberadaannya. Di wilayah Magetan yang luas ini, KIM termasuk kelompok garda terdepan dalam diseminasi informasi pembangunan daerah kepada masyarakat.

Guna meningkatkan kompetensi KIM dalam menyebarluaskan informasi dengan memanfaatkan teknologi, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magetan mengadakan Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi. Pelatihan diikuti 11 anggota KIM dari Kecamatan di Magetan, bertempat di Balai Kelurahan Bulukerto, Rabu (3/11).

Ahmad Zaimul Haq, pemateri fotografi menjelaskan mengenai pembuatan foto jurnalistik, bagaimana menyampaikan kisah dengan foto. “Seperti halnya karya tulis, foto jurnalistik harus menyampaikan kisah berdasarkan fakta, memberi informasi dan menghibur.”, ungkap Ahmad.

Ahmad juga memberikan tips mengenai cara merekam melalui gawai kepada peserta. Dikesempatan yang sama, Endah Imawati, pemateri jurnalistik memberikan tips and trick bagaimana membuat berita yang baik. “Selain 5W + 1H, nilai berita, kreativitas, dan menghindari komentar negatif juga penting dalam pembuatan berita.”, jelas Endah.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Magetan, Eko Budiono berharap dengan adanya pelatihan ini, anggota KIM agar lebih kompeten dalam bidang jurnalistik dan fotografi. “Diharapkan nanti peserta pelatihan ini bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan. Sehingga menjadi ujung tombak informasi di masyarakat, terutama di Magetan.”, harap Eko.

(Diskominfo / pub. fik / dok. wan / fa2)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here