Launching Program Literasi Digital Nasional, Indonesia Makin Cakap Digital 2021.

0
50

Launching Program Literasi Digital Nasional, Indonesia Makin Cakap Digital 2021.
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) luncurkan Program Literasi Digital Nasional dengan tema ‘Indonesia Makin Cakap Digital 2021’, peluncuran dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
.
Presiden Jokowi bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Johnny G Plate, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim menghadiri acara yang diikuti masyarakat dari 514 kabupaten dan kota di 34 provinsi Indonesia tersebut.
.
Wakil Bupati Magetan didampingi Kepala Dinas Arpus dan Kepala Dinas Kominfo menghadiri acara secara virtual, bertempat di Ruang Rapat Pendopo Surya Graha. (Kamis, 20/5/2021)
Sesuai dengan anjuran Pemerintah untuk memutus penyebaran pandemi Covid-19, peluncuran dilakukan secara hybrid dimana pelaksanaan offline di Istora Senayan dan secara online.
.
Jokowi dalam sambutannya menyampaikan, adalah kewajiban kita bersama untuk terus membanjiri ruang digital dengan konten positif, kita harus meningkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang menyejukkan dan membawa perdamaian, Internet harus mampu meningkatkan produktifitas masyarakat dan membuat UMKM naik kelas.
“Saya harap gerakan ini menggelinding dan terus membesar, agar semakin cakap pemanfaatan internet untuk kegiatan inovatif dan produktif”, tutupnya.
.
Kelas pelatihan literasi digital “Indonesia Makin Cakap Digital” terbuka bagi masyarakat luas secara gratis di sepanjang tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.
Melalui kelas-kelas ini, masyarakat dapat mengembangkan literasi dan kecakapan digital di tingkat dasar, seperti diantaranya fotografi dan videografi, media sosial, public speaking, Tangkas Digital dan Tular Nalar bersama Google, copywriting, digital marketing, privasi digital dan keamanan siber, serta materi lainnya.
.
Kelas tersebut akan berlangsung secara hybrid dengan 50 orang peserta yang hadir baik on-site maupun secara online melalui platform Zoom dengan menghadirkan narasumber di bidang komunikasi, informatika dan teknologi digital.
Materi kelas literasi digital didasarkan pada 4 pilar utama, yaitu:

  1. Etis Bermedia Digital;
  2. Aman Bermedia Digital;
  3. Cakap Bermedia Digital;
  4. Budaya Bermedia Digital.
    Masyarakat yang akan mengikuti kelas sesuai dengan peminatan dan waktu pilihan, dapat mengakses informasi terkait kelas-kelas ini melalui akun Instragram Siberkreasi dan melalui tautan https://event.literasidigital.id/.*
    (Prokopim/pi/dok.gtm/KD1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here