113 Tahun Kebangkitan Nasional, Bangkitnya Nasionalisme.

0
118

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati pada setiap tanggal 20 Mei diambil dari tanggal lahirnya organisasi Budi Utomo. Kelahiran Budi Utomo menjadi babak baru atau tonggak yang menumbuhkan semangat perjuangan.
.
Adapun tema Harkitnas Tahun 2021 adalah “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh”.
Tujuan Peringatan 113 tahun Kebangkitan Nasional adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan. Serta selalu optimis menghadapi masa depan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid-19.
.
Makna kata kebangkitan adalah kebangunan atau menjadi sadar. Makna kebangkitan nasional tentu saja sejak 20 Mei 1908 rakyat Hindia Belanda yang diwakili oleh kaum muda siswa STOVIA telah sadar akan kebangsaan. Telah bangkit nasionalime. Bahwa mereka adalah anak-anak bangsa yang merupakan bagian tak terpisahkan dari saudara-saudara bangsa dalam batas wilayah Nederlands Indie, cikal bakal dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
.
Bertempat di Ruang Kerja masing-masing, Bupati Magetan Suprawoto dan Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti mengikuti Peringatan Hari Kebangkitan Nasional secara virtual pada Hari Kamis, 20 Mei 2021.
(Prokopim/pi/dok.gtm/KD1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here