Lansia Bahagia Bersama Keluarga – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
53

#SobatKom

Peringatan Hari Lansia Nasional (HLUN) yang jatuh setiap tanggal 29 Mei mengingatkan pada kita bahwa menjadi lanjut usia sebuah keniscayaan merupakan bagian normal dari kehidupan manusia.

Perlu sobatkom ketahui berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, jumlah lansia di Indonesia saat ini ada sebanyak 26,82 juta jiwa atau 9,92 persen. Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat seiring peningkatan kualitas hidup masyarakat. Hal tersebut tercermin dari peningkatan usia harapan hidup penduduk Indonesia.

Keberadaan Lansia dalam sebuah keluarga membutuhkan perhatian khusus  mengutip BPHN, dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998, bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berbudi luhur mempunyai ikatan kekeluargaan yang mencerminkan nilai-nilai keagamaan dan budaya bangsa.

 Salah satu nilai tersebut adalah menghormati dan menghargai peran dan kedudukan lanjut usia yang telah mengalami pengalaman berharga untuk diteladani oleh generasi penerus bangsa. Lanjut usia adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas. Ada dua kriteria lanjut usia, yaitu lanjut usia potensial dan lanjut usia tidak potensial. Lanjut usia potensial adalah lanjut usia yang masih mampu melakukan pekerjaan dan kegiatan yang dapat menghasilkan barang dan atau jasa. Lanjut usia tidak potensial adalah lanjut usia yang tidak berdaya mencari nafkah sehingga hidupnya bergantung pada bantuan orang lain.

Nah sobatkom sayangi dan hargai keberadaan lansia disekitarmu, agar tercipta lansia yang bahagia bersama keluarga.

(diskominfo/pb.ay/dok.cup/tos)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here