Ketersediaan Bahan dan Harga Sembako di Magetan Relatif kondusif – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
22

Ketersediaan Bahan dan Harga Sembako di Magetan Relatif kondusif

Kebutuhan bahan pokok di daerah Magetan ketika jelang perayaan Natal 2023 dan menyambut tahun baru 2024 terbilang kondusif.

Hal ini diungkapkan Siti Nurlaila, Kabag Perekonomian Setdakab Magetan,  Rabu 27/12/2023, usai Rakor Pengendalian Inflasi Daerah berbarengan pemerintah pusat melalui zoom meeting.

“Untuk Magetan, kalau stok kondusif ya. Seperti kebutuhan gas, daya dan sembako,” terangnya.

tetapi diakuinya, sejumlah harga sempat naik pada bulan September lalu. Kemudian direspon Pemkab Magetan dengan mengadakan operasi pasar seminggu 2 kali. Berlangsung di 10 kecamatan.

” Alhamdulillah, mulai minggu kemarin sudah tidak naik lagi. Harga sudah mulai konsisten, ” jelas Siti Nurlaila.

Tapi untuk ketika ini memang ada yang naik untuk 2 komoditas. Seperti daging ayam ras dan bawang putih. tetapi untuk harga daging ayam ras tetap dibawah HPP (Harga Pokok Pembelian). Sedangkan untuk bawang putih naik diatas HPP,  tambahnya.

Sementara Direktur Statistik Harga BPS RI, Windiarso Putranto menerangkan, dalam lima tahun terakhir ini pada bulan Desember selalu terjadi inflasi. Inflasi bulan ini lebih tinggi dari bulan Nopember kemarin. Untuk itu perlu diwaspadai kenaikkan harga beberapa komoditas. Seperti tarif angkutan udara, telur, ayam ras, cabai merah, cabai rawit dan daging ayam ras.

” Jadi, berdasarkan perkembangan inflasi secara historis dan pantauan Indeks Perkembangan Harga, hingga minggu ke tiga Desember ini,  berpotensi mengalami inflasi, ” terangnya.

Rakor dipimpin Irjen Kemendagri, Tomsi Tohir. Diikuti Pj Sekda Magetan Hermawan, Assisten Sekda, perwakilan forkopimda, Dinas Indag, Disnakkan, Dishub, BPS Magetan dan Bagian Perekonomian Setdakab Magetan.(Diskominfo:ryz / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here