KENDALIKAN INFLASI ANGKUTAN UDARA – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
6

KENDALIKAN INFLASI ANGKUTAN UDARA
.
Sahabat Prokopim…
Menteri Dalam Negeri memimpin langsung Rakor Pengendalian Inflasi secara virtual, Senin (15/5/2023). Bupati Suprawoto berbarengan segenap personil FORKOPIMDA dan pimpinan OPD terkait mengikuti secara virtual dari ruang jamuan Pendapa Surya Graha.
.
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan kondisi inflasi bulan April 2023 di nomor 4,33%. Salah satu sektor penyumbang inflasi yakni transportasi utamanya transportasi udara. Transportasi menyumbang andil inflasi 1,45 %. Untuk mengurai permasalahan tersebut, Presiden RI akan menggelar rapat berbarengan jajaran kabinet dan pemerintah daerah.
.
Dijelaskan Pudji Ismartini, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS bahwa tren kenaikan transportasi udara bertepatan dengan momen Ramadan dan Lebaran. Juga dipicu meningkatnya mobilitas masyarakat di masa transisi pandemi. Inflasi transportasi udara terjadi di 42 kota, sebagian besar kota di Sumatera mengalami kenaikan diatasi inflasi angkutan udara nasional.
.
Dr. Sarwo Edhy, Sekretaris primer BAPANAS menerangkan bahwa pihaknya telah menyalurkan 204.124 ton donasi beras untuk alokasi bukan pertama di 38 provinsi. Dan donasi daging ayam dan telur sejumlah 825.273 ton di 5 provinsi. Pihaknya berharap pemerintah daerah melakukan pendataan produsen pangan di setiap daerah masing-masing.
.
Terkait minyak goreng, Syailendra, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri menjelaskan bahwa harga terpantau konsisten meskipun sebagian daerah harga minyak curah dan MINYAKITA diatasi HET (Harga Eceran Tertinggi). Pihaknya juga lanjut melakukan monitoring distribusi minyak hingga tingkat konsumen. (Prokopim/dj/dok.be.ahmd/KD1).

Repost: @prokopimmagetan

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here