Kaleidoskop Pekan Literasi dan Kearsipan 2023 – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan

0
47

September menjadi salah satu bulan spesial bagi komunitas, pegiat serta pemerhati literasi di Indonesia. Sebagaimana diketahui, sejak tahun 1995 tanggal 14 September ditetapkan oleh Pemerintah sebagai hari kunjung Perpustakaan. Untuk turut membangun budaya dan semangat literasi di Kabupaten Magetan, sekaligus lebih mendekatkan perpustakaan bagi seluruh lapisan masyarakat luas. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Magetan menggelar Pekan Literasi dan Pameran Kearsipan tahun 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai 14 sampai 18 September 2023 yang dipusatkan di halaman Dinas Arpus Kab. Magetan. Serangkaian agenda acara juga telah dipersiapkan untuk memeriahkan Pekan Literasi dan Kearsipan 2023. Tidak hanya menggelar bazar buku dari penerbit nasional, serta bazar produk-produk UMKM hasil kegiatan Inklusi Sosial yang dalam 2 tahun ini dilaksanakan Dinas Arpus Kab. Magetan. Pekan Literasi dan Pameran Kearsipan 2023 juga diisi dengan berbagai event menarik di setiap harinya. Berikut semarak dan kemeriahan yang berlangsung selama Pekan Literasi dan Kearsipan tahun 2023.

Kamis, 14 September 2023

Secara formal, Pekan Literasi dan Pameran Kearsipan dibuka secara langsung oleh Bupati Magetan. Dan pada malam harinya disuguhkan kesenian Tongkling, salah satu seni tradisi asli Magetan yang diciptakan dan dilestarikan masyarakat Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kec. Poncol, Magetan.

Jumat, 15 September 2023

Acara Mbulan Ndhadhari sebagai agenda rutin yang setiap bulan diadakan Dinas Arpus Kab. Magetan, menjadi kegiatan primer di hari kedua Pekan Literasi dan Pameran Kearsipan 2023.

Sabtu, 16 September 2023

Sebagai bentuk nyata keterkaitan erat antara literasi dan kearsipan, Saresehan Kearsipan menjadi sajian primer pekan Literasi dan Pameran Kearsipan di hari ketiga. Arsip merupakan bahan baku dan sumber primer yang kredibel yang menyajikan fakta secara otentik. Bagi para penulis, arsip yang terawat dengan bagus dan mudah dalam mengaksesnya tentu menjadi hal yang krusial, karena dari arsip-arsip itulah sangat dimungkinkan lahir karya-karya literasi sebagai produk pemikiran dan kebudayaan orang.

Minggu, 17 September 2023

Sejak pagi masyarakat yang berkunjung di Pekan Literasi dan Pameran Kearsipan sudah disuguhi oleh penampilan seni reyog dari paguyuban Seni Reyog Taruno Adiluhung Singolangu, Plaosan Magetan. kemudian pada malam harinya, pentas musik akustik menjadi menu penutup kegiatan di hari keempat.

Senin, 18 September 2023

penilaian kegiatan selama penyelenggaraan Pekan Literasi dan Pameran Arsip tahun 2023 tentunya menjadi input berharga untuk merencanakan kegiatan serupa di tahun mendatang. Rangkaian acara yang cukup padat yang ada selama 5 hari penyelenggaraan tentu tak luput dari kekurangan. Tanpa mengurangi penghargaan kepada seluruh panitia kegiatan dan seluruh pihak yang terlibat selama penyelenggaraan Pekan Literasi dan Pameran Kearsipan 2023. Dengan berberapa catatan krusial yang kiranya perlu diperbaiki dan ditingkatkan di masa mendatang, Kepala Dinas Arpus Kab. Magetan yang menutup kegiatan tersebut dihari kelima, mengapresiasi kerja keras seluruh pihak yang terlibat sehingga Pekan Literasi dan Pameran Kearsipan 2023 dapat terlaksana dengan sukses.

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here