Jeruk Pamelo Magetan

0
271
Jeruk Pamelo Magetan

Hai, teman-teman! Kita bahas nih tentang Jeruk Pamelo atau sering juga disebut Jeruk Bali. Buah ini pasti udah gak asing lagi buat kita semua karena ukurannya sebesar bola dan mudah ditemukan di pasar atau di toko buah. Tapi, tau gak sih kalo Jeruk Pamelo yang asli berasal dari Kabupaten Magetan?

Jeruk Pamelo Magetan ini punya cita rasa yang manis dan segar. Makanya, kalo lagi musim panas atau kemarau, ini cocok banget buat dinikmati. Kalo dibandingin dengan Jeruk Bali yang serupa, tentunya ada bedanya, lho!

Jeruk Pamelo ini punya banyak kandungan nutrisi yang baik buat kesehatan, di antaranya adalah vitamin A, B6, B12, C, likopen, pektin, dan triptofan, juga ada mineral yang diperlukan tubuh. Kalo kita rutin makan Jeruk Pamelo ini, bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan risiko penyakit jantung, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Kita bisa makan Jeruk Pamelo langsung atau dicoba varian olahannya seperti Rujak Jeruk Pamelo, Manisan Jeruk Pamelo, dan masih banyak lagi. Kalo lagi berkunjung ke Magetan, cobain deh buah ini dan jangan lupa beli oleh-oleh Jeruk Pamelo yang sudah diolah.

Kamu pasti udah pada kenal sama buah jeruk pamelo kan? Nah, sebenernya ada jenis jeruk pamelo lokal nih yang namanya Sri Nyonya. Beda sama jeruk pamelo biasa, kulit jeruk Sri Nyonya tipis banget jadi agak mudah rusak kalo kebentur atau jatuh.

Buat yang belum tau, pamelo itu sebenernya nama internasional buat jeruk besar. Nah, di petani Sukomoro/Bendo ada tiga jenis pamelo yang bisa kamu temuin:

  • Adas/Nambangan: kulitnya tebel, rasanya manis dan segar banget, biasanya banyak disukai sama bakul.
  • Bali: kulitnya tebel juga, rasanya manis-thok gitu (ada yang merah dan putih).
  • Sri Nyonya: beda lagi nih, kulitnya tipis jadi agak beda sama yang lain. Rasanya segar dengan sedikit keasaman dan airnya juga banyak loh!

Nah, sekarang teman-teman udah tau kan kalo di Magetan ada Jeruk Pamelo yang unik dan enak buat dijadikan camilan sehat. Harganya juga masih terjangkau kok, antara 8 ribu sampai 15 ribu aja. Yuk, dicoba dan jangan lupa jaga kesehatan dengan makan buah-buahan yang baik untuk tubuh kita. Terima kasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here