Jeruk Jawa Jadi Andalan Desa Bibis Kec. Sukomoro – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
51

Dengan daging buah yang tebal, berwarna merah didalamnya dan kulit tipis menjadikan jeruk ini mempunyai ciri khas dengan rasa yang manis dan mengandung air yang banyak.

Hampir semua rumah di Desa Bibis mempunyai pohon jeruk yang menjadikan Desa Bibis sebagai Desa Sentra Jeruk yang ada di Magetan. Tidak hanya jeruk Jawa saja, melainkan bermacam-macam jenis jeruk ditanam disana. Kurang lebih ada 16 jenis jeruk di Desa Bibis.

Lurah Desa Bibis Sudarman mengatakan, Desa Bibis dapat menghasilkan kwalitas jeruk yang baik karena tekstur tanah yang memadai dan lahan yang luas. Tidak lupa perawatan berkala juga dilakukan seperti membungkus buahnya agar tidak busuk dan menjaga kwalitas jeruknya. Dari segi harga, jeruk Jawa per buahnya dihargai enam ribu rupiah, tetapi akhir-akhir ini harganya mulai mengalami peningkatan. “Sayangnya, jeruk Jawa ini hanya dapat panen setiap setahun sekali”, imbuhnya. Selasa (13/4/2021).

Sudarman menambahkan, Jeruk Jawa ini sudah terkenal bahkan sampai ke luar negeri, seperti India, Thailand serta Chili. Namun saat ini, hasil panen hanya mampu memenuhi kebutuhan area Magetan dan sekitarnya.

(diskominfo/pb.wan/dok.wan/tos)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here