INFLASI DAERAH SAMPAI BULAN APRIL TUNJUKAN TREND MENURUN – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
4

INFLASI DAERAH SAMPAI BULAN APRIL TUNJUKAN TREND MENURUN

Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri Indonesia kembali memimpin rakor inflasi yang digelar secara daring, Senin (13/4).

Mendagri menyampaikan perkembangan inflasi nasional pada bulan April 2024 terhadap April 2023 secara YoY mengalami penurunan. “Secara YoY dari April tahun lalu inflasi berada diangka 4,33% dan tahun ini mengalami penurunan berada diangka 3,00%,” jelasnya saat zoom.

“Dibanding triwulan 4-2023, ekonomi Indonesia pada triwulan 1-2024 terkontraksi sebesar 0,83% (q-to-q) mengikuti pola musiman seperti tahun-tahun sebelumnya,” tambahnya.

Direktur Statistik Harga BPS RI, Windhiarso Putranto dalam paparannya menerangkan jika secara historis komponen inti memberikan andil cukup besar selama momen lebaran kecuali pada tahun 2020 dan 2022.

“Komponen harga yang diatur pemerintah selalu memberikan andil inflasi pada momen lebaran tahun 2020-2024,” paparnya.

Bertempat di Ruang Jamuan Pendapa Surya Graha Pj. Bupati Magetan Hergunadi yang mengikuti rakor secara online dalam rakor kali ini memerintahkan kepada OPD terkait untuk menggalakkan program “Bangga Magetan”.

“Setiap malam minggukan kita selalu adakan pemutaran film di alun-alun, disitu kita bisa sosialisasikan disela-sela film terkait Bangga Magetan kepada masyarakat yang hadir sehingga diharapkan nanti mereka akan bangga menggunakan dan membeli produk-produk buatan Magetan untuk tentunya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Magetan,” pesannya.

Hadir juga secara daring dalam rakor kali ini Pj Sekdakab Magetan bersama jajaran Forkopimda Magetan dan OPD terkait.

(Diskominfo:cup / fa2 / IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here