Hari Lingkungan Hidup Sedunia – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
70

#SobatKom

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni yang telah ditetapkan sejak tahun 1974.

Lalu  untuk apa sih ada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tersebut?

Hari lingkungan hidup sedunia diperingati untuk mendorong kesadaran dan tindakan orang-orang di seluruh dunia untuk melindungi lingkungan dalam praktiknya melibatkan pemerintah, bisnis, tokoh publik serta warga negara untuk memfokuskan upaya dalam mengatasi masalah lingkungan yang terjadi.

Istilah Lingkungan Hidup pada BAB I, Pasal 1 ayat 1 Undang-undang No.32 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup dirumuskan sebagai berikut:

“Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan prilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan prikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain”.

Lingkungan Hidup  adalah bagian penting dari keberlangsungan hidup manusia, dikarenakan lingkungan sangat  berdampak  dimana lingkungan yang baik dan sehat tentu akan memberi dampak yang positif untuk manusia, begitu juga sebaliknya.

Ada banyak gerakan yang mendorong perbaikan terhadap lingkungan diantaranya gerakan menaman pohon, gerakan bersih sungai, gerakan kurangi sampah plastik dan masih banyak lagi.

Tema perayaan hari lingkungan hidup sedunia pertama kali di tahun 1974 adalah ‘Hanya Satu Bumi’.

Sejak peringatan saat itu maka hari lingkungan hidup sedunia terus diperingati setiap tahunnya.

Dilansir dari laman http://p3ejawa.menlhk.go.id/ sejarah panjang hari lingkungan hidup sedunia dimulai pada kondisi lingkungan pada masa 1960an hingga 1970an yang sangat memprihatinkan dan menimbulkan kekhawatiran masyarakat dunia karena telah terjadi krisis dengan jangkauan seluruh dunia mengenai hubungan antara manusia dan lingkungannya.

Hingga adanya deklarasi Stockholm dalam konferensi Stockholm oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (Sejarah Berdirinya PBB) melaksanakan konferensi terkait lingkungan hidup yang pertama kali pada tahun 1972. Konferensi tersebut digelar di Stockholm, Swedia, pada tanggal 5-16 Juni tahun 1972.

 Adapun negara yang menjadi pengusul pertama diadakannya Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah Jepang dan negara Senegal.

Setelah mengetahui sejarah panjang Hari Lingkungan Hidup sedunia , #SobatKom mari kita tingkatkan kesadaran kita tentang kondisi lingkungan disekitar kita.

Manusia dan lingkungan bisa membentuk simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan satu sama lain dimana kondisi lingkungan bergantung terhadap cara manusia mengelolanya dan kehidupan manusia juga tergantung pada kondisi lingkungan, jadi manusia memiliki tugas untuk menjaga alam sekitar.(Diskominfo/pb.ay/dok.cup/tos)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here