Hari Lahir Pancasila, Menuju Indonesia Emas, Kepala BPIP Ajak Seluruh Elemen Bangsa Untuk Membumikan Pancasila

0
7

Hari Lahir Pancasila, Menuju Indonesia Emas, Kepala BPIP Ajak Seluruh Elemen Bangsa Untuk Membumikan Pancasila.

Hari ini, 1 Juni merupakan hari Lahir Pancasila, diseluruh pelosok tanah air seluruh elemen bangsa memperingatinya.

Diperingati dengan Upacara Bendera di Halaman Kantor Pemda, Daring Tingkat Pusat di Ruang Jamuan PSG, dan di OPD masing-masing, pelaksanaan upacara berjalan meriah, dimana peserta upacara memakai aneka macam warna warni pakaian daerah, Sabtu (1/6/24).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Pj. Bupati Magetan, Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengajak bangsa Indonesia untuk bersyukur karena mempunyai Pancasila sebagai bintang pemandu dalam kehidpan berbangsa dan bernegara, “Kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai- nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika,” Ungkapnya.

Kepala BPIP juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk bisa membumikan nilai-nilai Pancasila, “Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.” ajaknya.

Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila, kali ini Yudian kemudian berharap, “Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.” pungkasnya.

Untuk itu sebagai salah satu rlemen bangsa mari sebagai warga Kabupaten Magetan untuk bersama-sama menjaga kerukunan dan berpikir, bertindak, berkarya dengan berlandaskan Pancasila.(Diskominfo / fa2 / IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here