Hanpangan,Selain Komoditas Bahan Pangan Utama Juga Sasar Protein Hewani – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
15

Hanpangan,Selain Komoditas Bahan Pangan Utama Juga Sasar Protein Hewani

Kolam-kolam itu dipenuhi ribuan ikan lele beraneka ukuran. Tergabung dalam Gapoktan Mina Karya, kelompok peternak ikan lele di Desa Tapen hari ini dikunjungi Pj. Bupati Magetan dan Forkopimda selepas penanaman Jagung Kodim 0804 di Desa Kediren, Minggu (3/3/2024).

Dijelaskan oleh Mamad, Ketua Gapoktan Minakarya, “Gapoktan ini berdiri sejak tahun 2010, untuk anggota sejumlah 18 orang, jumlah petak 250 petak lebih, pertahun bisa menghasilkan lele 360 ton, dan mencapai omset 6, 5 M ditahun 2023”. Meskipun beromset milyaran namun Gapoktan menemui hambatan, hal inilah yang kemudian disampaikan oleh Mamad kepada Pj. Bupati. “Kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pakan, meskipun sudah dengan modal gotong royong, sebesar 700 jt tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pakan, hasil produksi pakan dari mesin bantuan pemerintah masih belum mencukupi, sudah bekerjasama dengan pihak ketiga, seperti agen pakan dan pedagang ikan namun masih juga terkendala, mohon pemkab untuk bisa mencarikan solusinya” pinta Mamad. Selain kecukupan pakan tersebut peternak juga mengeluhkan kestabilan daya listrik yang naik turun sehingga membuat mesin pompa peternak sering rusak.

Menanggapi permintaan tersebut Pj. Bupati, Hergunadi menjawab, “Untuk dikoordinasikan dengan Dinas Peternakan dan Perikanan, stimulan kepada dinas untuk tehnologi tepat guna pembuatan pakan lele, untuk mengefisienkan pakan dengan alternatif bahan yang lain, Dinas Peternakan dan Perikanan pernah mendatangkan ahli dari Jogja, bagaimana supaya pakan lebih murah, pelatihan pakan mandiri, serta jangan lupa untuk pemaksimalan pola makannya” pungkas Pj. Bupati.

Terkait kendala daya listrik, Pj. Bupati akan meneruskan dan menyampaikan hal tersebut ke pihak terkait.(Diskominfo / fa2 / IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here