Gema Takbir Budaya 2023 Umat Muslim Sambut Hari Kemenangan berbarengan Dhalang Poer – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
94

Gema Takbir Budaya 2023 Umat Muslim Sambut Hari Kemenangan berbarengan Dhalang Poer.

Sobatkom…bunyi takbir mulai bergema diberbagai penjuru, menandakan usainya bulan Ramadhan untuk tahun 2023 ini. Seluruh umat muslim sangat antusias menyambut Hari Raya Kemenangan Idhul Fitri 1444 H tahun 2023. Gema takbir digelar setelah beberapa tahun kebelakang tak ada kegiatan takbir dikarenakan pandemi covid-19. Dan untuk tahun 2023/1444 H, acara gema takbir kali ini dilaksanakan di Masjid Ki Mageti Kecamatan Plaosan. Jumat (21/4). Terdengar seruan mengagungkan kebesaran Allah dibeberapa masjid dan mushola di Magetan.

Seperti yang dikatakan Ketua Panitia kukuh Purnomo, acara takbir budaya ini merupakan kerjasama dari lintas sektoral. Ini menandakan bahwa Magetan membantu menjaga unsur religi dengan pemerintahan menjadi wadah silaturahmi dan kebhinekaan menjadi unsur krusial didalamnya, jelas kukuh. Dan saya (kukuh) mengutip ucapan Bupati Magetan, “Bahwa kita ini ditakdirkan sebagai orang Jawa. Maka dari itu jangan meninggalkan jati diri sebagai orang Jawa.” tegas kukuh.

Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan, acara ini tentu agak berbeda dari biasanya, oleh karena itu saya selaku Bupati Magetan mengucapkan terima kasih atas inisiatif dari penggiat acara ini, semoga niat bagus panjenengan dicatat Allah SWT. Bupati juga mengatakan, hari ini kita melaksanakan puasa dalam bulan ramadhan. Maka dari itu kita seluruh malam ini mengumandangkan takbir berbarengan, gema takbir illahi menganggungkan nama Allah SWT diseluruh penjuru dunia. Dan besok umat muslim melaksanakan sholat idhul fitri sebagai puncak hari kemenangan setelah sebulan penuh menjalani puasa menahan dahaga dan lapar serta hawa nafsu, “Dan semoga kita menjadi orang yang bertakwa dan lanjut bertakwa,” jelas Bupati Suprawoto.

Malam ini seluruh orang di dunia mengumandangkan takbir. Mari kita seluruh berbarengan komponen masyarakat bahu membahu memajukan Magetan yang kita cintai. “Kita sebagai orang jawa itu takdir tuhan dan bagimana kita nguri-nguri budaya jawa yang adiluhung.” Diakhir acara Bupati Magetan membuka acara gema takbir 2023 secara simbolis dengan pemukulan bedug sebagai tanda takbir budaya dimulai.

Acara dihadiri Bupati Magetan, Forkopimca Plaosan, Ketua BPK OI Magetan, ketua PAC NU Plaosan, MWCNU Plaosan, Takmir Masjid Ki Mageti.

Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, taqabbal Ya Karim. Selamat Idul Fitri 1444 H. Mohon ampun lahir batin.(Diskominfo / pb.wan / dok.cup / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here