Edukasi Pentingnya Pemenuhan Gizi Dari Pra Hingga Pasca Kehamilan Dan Masa Pertumbuhan Anak Dalam Pengembangan Desa Bebas Stunting Desa Klagen Bersama Tim KKN Kelompok 40 UNESA

0
70

Tim KKN-T Kelompok 40 Magetan Universitas Negeri Surabaya bekerja sama dengan Pemerintah Desa Klagen mengadakan edukasi pentingnya pemenuhan gizi dari pra hingga pasca kehamilan dan masa pertumbuhan anak dalam pengembangan desa bebas stunting Desa Klagen yang diselenggarakan di Balai Desa Klagen, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan. Pelaksanaan kegiatan program kerja Desa bebas stunting ini yaitu menjadi salah satu program utama kelompok 40 yang berupa kelas stunting serta ditujukan kepada calon pasangan suami istri, ibu hamil dan balita. Berdasarkan data dari Pemerintah Desa Klagen bahwa di Desa tersebut terdapat 22 penyandang stunting. Hal tersebut perlu adanya pendampingan dari pihak terkait agar angka stunting di Desa Klagen dapat terkurangi. Kasus tersebut tidak hanya satu kali untuk diberikan edukasi atau diadakannya kelas agar turun angka stunting, namun perlu adanya pendampingan khusus mulai dari cek kesehatan hingga pola makan.

Berdasarkan permasalahan tersebut perlu adanya edukasi, sosialisasi, dan pendampingan agar dapat meminimalisir permasalahan stunting di Desa Klagen. Dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa materi yaitu mulai dari Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) yang disampaikan oleh Puguh Dwi Wahono, A.Md. Gz dan balita serta materi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kegiatan tersebut dihadiri 22 orang dan dari petugas Puskesmas. Kegiatan tersebut nantinya akan berkelanjutan yang artinya tidak dilaksanakan satu kali saja. Agar dalam meminimalisir kasus tersebut dapat terlaksana dengan maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here