Cerita Monik, Pengrajin Aksesoris Manik Meraup Cuan di Bulan Ramdhan Aksesoris…

0
82

Cerita Monik, Pengrajin Aksesoris Manik Meraup Cuan di Bulan Ramdhan

Aksesoris sekaligus perhiasan dari batu alam ketika ini rupanya diminati oleh ibu ibu dan remaja putri untuk menunjang penampilan busana muslim untuk menjalankan sholat taraweh. Hal ini dibuktikan oleh Monic, pengrajin aksesoris manik manik yang mempunyai show room di Desa Sukomoro, Kabupaten Magetan yang kebanjiran aksesoris untuk jilbab maupun aksesoris untuk rukuh. “ Yang lagi tren strub, itu pengikat masker tapi dapat dipakai jadi kalung atau pengikat jilbab dari manik juga lagi banyak dicari. Gelang yang dirubah jadi tasbih juga lagi laku,” ujarnya.

Monic mengaku menggeluti upaya kerajinan aksesoris berbahan batu alam berawal dari ibunya yang sering membeli batu batu alam untuk dirangkai menjadi kalung. “ Sejak kelas 3 SD saya yang disuruh mama merangkai batu darii kalung dijadikan 3 gelang. Jadi untungnya dapat berlipat,” imbuhnya.
Hingga kuliah kegiatan membikin kerajinan aksesoris dari batu alam lanjut dilakukan. Bahkan ketika bekerja di Jakarta pesanan aksesoris dari batu alam semakin banyak. Hingga akhirnya Monic memutuskan untuk resign dari pekerjaannya dan lebih memilih menggeluti kerajinan batu alam. “ Mulai serius tahun 2000, Ya karena pesanan aksesoris tidak habis habis, akhirnya saya milih resign dari tempat kerja karena pendapatan membikin kerjinan manik manik lebih banyak dari gaji di kantor,” kenangnya.

Untuk meningkatkan ketrampilan dan skilnya dalam membikin ciptaan aksesoris dari manik manik, Monica kemudian sering memandang pameran dan berburu pengetahuan melaui multy ply, sebuah komunitas yang berisi para pengrajin aksesoris. Hingga pada suatu ketika Monica mendatangi pameran dunia Jewellery Fair IJF di Surabaya dimana sejumlah peserta pameran merupakan temannya di grop multy ply. “ Dari sana saya mendapat tawaran untuk ikut pameran di Jakarta. Dari sejumlah pameran saya mendapat ilmu baru terkait bagaimana menjelaskan kepada pelanggan kelebihan dari aksesoris yang kita buat. Kita juga mendapat informasi aksesoris apa yang sedang trend dan model terbaru yang lagi laku,” katanya.(lanjut pada kolom komentar)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here