Berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan, Mahasiswa KKN-T Magetan 09 Mengadakan Lomba Kebersihan Lingkungan dan Pengolahan Limbah Plastik Melalui Kreasi Eco-Brick

0
128

Desa Ngelang, Kecamatan Kartoharjo (22/06/2023) – Desa Ngelang merupakan sebuah desa yang berada di perbatasan Madiun, Ngawi, dan Magetan. Namun secara administratif, Desa Ngelang tercantum sebagai wilayah Magetan. Desa ini terletak di Kecamatan Kartoharjo bersama beberapa desa yang lain, diantaranya Desa Jajar, Pencol, Sukowidi, Kartoharjo dan lain sebagainya. Desa Ngelang dipilih bersama Desa Jajar sebagai wilayah penempatan Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) oleh Universitas Negeri Surabaya.

Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang menjalankan KKN-T di Desa Ngelang sejumlah 18 Mahasiswa yang terdiri dari beberapa jurusan antara lain Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Penjasorkes), dan Sastra Indonesia (Sasindo). Mereka tergabung dalam kelompok KKN-T Magetan 09 dengan tema kemanusiaan. Ke delapan belas mahasiswa/i tersebut mulai berada di Desa Ngelang sejak tanggal 10 Maret 2023.

Sejak kedatangannya, mereka langsung melakukan observasi kepada lingkungan sekitar guna menyusun pengembangan program kerja. Terdapat beberapa hasil observasi yang ditemukan, diantaranya adalah perihal pendidikan anak tingkat sekolah dasar, kesehatan warga lanjut usia, dan masalah utama yaitu mengenai pengolahan limbah plastik. Berdasarkan hasil observasi tersebut, mahasiswa KKN-T Magetan 09 langsung berdiskusi dengan perangkat desa setempat. Hasil yang didapatkan ialah mahasiswa dan perangkat desa sepakat mengadakan lomba kebersihan lingkungan dan kreasi eco-brick sebagai salah satu upaya pengolahan limbah plastik di Desa Ngelang.

Terlebih Desa Ngelang merupakan salah satu desa rawan bencana banjir. Namun, semenjak tahun 2020 intensitas banjir di Desa Ngelang mulai menurun. Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Badan Permusyaratan Desa yaitu Bapak Maryono “Memang dulu daerah sini sering banjir mas, tahun 2007 itu banjir terparah sampek sepinggang. Setelah itu udah agak mendingan, sampai banjir terakhir itu tahun 2019. Sesudah itu, paling cuman genangan genangan biasa”. Banjir memang menjadi salah satu momok menakutkan bagi masyarakat Desa Ngelang pada waktu itu. “Untungnya mas, setelah kejadian banjir 2007 itu, kami langsung membentuk tim penanggulangan bencana yang diberi nama DESTANA atau Desa Tangguh Bencana” tambahnya.

Tepat pada tanggal 10 Mei 2023 telah dilaksanakannya kegiatan sosialisasi pengolahan limbah plastik eco-brick yang juga sebagai pembukaan lomba kebersihan lingkungan Desa Ngelang. Lomba kebersihan tersebut dilaksanakan dalam kurun waktu sepuluh hari sejak sosialisasi berlangsung. Dalam perayaan lomba kebersihan lingkungan dan kreasi eco-brick tersebut juga merupakan program utama kelompok KKN-T Magetan 09 Universitas Negeri Surabaya di Desa Ngelang. Lomba tersebut berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan dan Kecamatan Kartoharjo.

Guna menyelenggarakan malam puncak acara lomba kebersihan lingkungan dan kreasi eco-brick, mahasiswa KKN-T Magetan 09 Universitas Negeri Surabaya melakukan penggalangan dana melalui sosial media seperti instagram dan whatsapp. Sehingga acara tersebut berhasil diselenggarakan oleh mahasiswa dengan hasil jerih payah sendiri yang didapatkan melalui iuran kelompok, donatur dan sponsorship.

Pada acara puncak yang diselanggarakan pada tanggal 21 Mei 2023 tersebut sekaligus sebagai penutupan dan pengumuman pemenang lomba kebersihan dan kreasi eco-brick. Acara tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan kesenian dari anak TK, SD, hingga remaja Desa Ngelang yang tentunya juga disambut dengan antusiasme warga hingga malam hari. Hal ini dikarenakan pengumuman pemenang yang berada di penghujung acara.

Terdapat tiga kategori juara lomba, yaitu juara pertama, kedua, dan ketiga yang masing-masing diraih oleh RT 17, RT 06, dan RT 12. Para panitia memberikan hadiah apresiasi berupa piala, sertifikat, dan uang tunai kepada ketiga juara tersebut. Selain itu, panitia juga memberikan hadiah apresiasi kepada empat belas RT yang telah berpartisipasi berupa piala yang diharapkan dapat menjadi motivasi dan kenangan.

Para perangkat dan warga menyampaikan banyak terima kasih kepada mahasiswa KKN-T Magetan 09 Universitas Negeri Surabaya dengan besar harapan melalui kegiatan lomba tersebut dapat menjadikan warga lebih peduli dengan kebersihan lingkungan dan sampah plastik yang kedepannya dapat menjadikan Desa Ngelang menjadi Wisata Desa eco-brick. (Daffa Rizky Widhyadiani, Naza Rehan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here