Antisipasi Hadapi Bencana Alam : Kab. Magetan Lakukan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan.

0
23

Menjelang musim penghujan dan dalam rangka antisipasi menghadapi bencana alam tahun 2021 di wilayah Jawa Timur, Bupati Magetan bersama dengan Forkopimda dan OPD terkait melaksanakan apel gelar pasukan dan peralatan bertempat di Alun-Alun Magetan pada Senin, pagi. (25/10/2021)
.
Dalam amanatnya, Bupati Magetan membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur. Adapun hal-hal yang perlu menjadi penekanan yakni :

  1. Meningkatkan sinergitas antar stakeholder dalam upaya pencegahan, mitigasi, dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam.
  2. Kepala daerah segera menyusun rencana kontinjensi termasuk penyediaan sarana dan prasarana.
  3. Melaksanakan pendekatan kepada masyarakat berkaitan dengan peran serta dalam menghadapi bencana.
  4. Masing-masing satuan menyiapkan mental dan fisik yang prima serta dilandasi komitmen moral dan disiplin moral yang tinggi serta menghindari ego sektoral dalam penanganan bencana.
  5. Masing-masing daerah menyiapkan lokasi pengungsian dan jalur evakuasi sesuai dengan protokol kesehatan.
  6. Melaksanakan pelatihan secara intens dan terpadu.
  7. Melakukan pengecekan secara intens dan berkala terhadap seluruh peralatan.
  8. Menjaga kesehatan dan tetap berpedoman pada protokol kesehatan.
    .
    Pada kesempatannya Bupati Magetan menyampaikan bahwa prediksi badai La Nina akan menimbulkan intensitas hujan meningkat sampai dengan 70%. Oleh sebab itu dalam mengantisipasi terjadinya banjir selain menggelar apel kesiagaan, Pemerintah Kab. Magetan juga telah berupaya membuat sudetan saluran air untuk dialirkan ke embung Ringinagung. Selain banjir, potensi tanah longsor di Poncol, Plaosan dan Panekan juga perlu diwaspadai.
    (Prokopim/pi/be/KD1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here