Angkat Pamelo, Pemdes Duwet Gelar Festival Tumpeng Jeruk Gedhe – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
78

Angkat Pamelo, Pemdes Duwet Gelar Festival Tumpeng Jeruk Gedhe

MAGETAN-Desa Duwet Kecamatan Bendo merupakan desa sentra penghasil jeruk Pamelo, keberadaan pohon jeruk yang buahnya rasanya segar dan berukuran besar ini dengan mudah kita jumpai dikebun-kebun penduduk. Menggabungkan peringatan HUT Republik Indonesia Ke 78, hari ini Pemdes Duwet gelar Festival Jeruk Gedhe., Minggu,( 20/8/23). Ditandai dengan Kirab Tumpeng Jeruk yang diarak keliling desa. Ada jeruk besar jenis Sedukuh, Pamelo, Nyonya serta Jeruk Bali yang dijadikan tumpeng.

Pj. Kepala Desa Duwet, Bambang Triwiyoso, SE, mengungkapkan, “Festival kali ini dimaksud untuk kembali mengangkat jeruk pamelo, yang sampai ketika ini hasil dari jeruk pamelo tetap menjanjikan , harapannya dengan dilaksanakan festival ini dapat membawa berkah, dengan mestarikan jeruk pamelo peningkatan kesejahteraan masyarakat juga akan terwujud.”

Sementara itu, dikesempatan yang sama Bupati, Dr. Drs, Suprawoto, S.H, M.Si menyatakan ” Dengan festival jeruk gedhe, selain untuk memeriahkan HUT RI juga untuk mengangkat potensi yang ada didesa, yakni jeruk Pamelo, Potensi ini nantinya akan melengkapi keberadaan kebun raya bambu di Sukomoro. Di kebun raya bambu ditanam berbagai jenis bambu yang berasal dari seluruh dunia, dan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dijadikan sebagai pusat informasi bambu nasional, hingga nanti wisatawan dapat berkunjung dan belajar tentang bambu disana, “

“Seperti halnya di Plaosan, dengan dibangunnya Kebun Refugia dan pasar sayur, wisatawan yg dari Sarangan, utamanya dihari Sabtu dan Minggu, juga berkunjung di Refugia dan berbelanja sayur di Pasar Sayur Plaosan, ini yang menggerakkan perekonomian disana. Begitupun dengan adanya kebun raya bambu, nanti ada pula jeruk pamelo yang dapat dinikmati kesegarannya dan dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan.” Ungkap Bupati.

Dalam festival kali ini berbagai baju adat dipakai oleh adik-pelajar serta pemuda pemudi desa setempat,serta adapula tampilan lagu daerah serta kesenian hadrah turut pula meramaikannnya.(Diskominfo / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here