Ajak Pemuda/i Magetan Cintai Budaya Jawa – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
25

Ajak Pemuda/i Magetan Cintai Budaya Jawa

Magetan, Bumi Ki Mageti, daerah Mataraman yang tetap kental akan budaya Jawa. Tak mau terlepas dan pudarnya budaya Jawa di masyarakat Magetan terutama di generasi penerus, Pemkab Magetan lanjut berupaya mengajak untuk mencintai budaya Jawa.

Mulai dari Parade Surya Senja, Mbulan Ndhadari yang diadakan disetiap bulan, buku biografi berbahasa jawa hingga keinginan adanya Lembaga Ilmu Budaya yang meneliti serta mengenalkan budaya jawa dari Magetan merupakan langkah nyata dari Bupati Suprawoto.

Kang Woto pun mengajak Pusaka Jawa, lembaga ilmu bahasa yang diinisiasi oleh Setiadi, Dekan FIB UGM untuk mendapatkan insight masyarakat Magetan mengenai budaya jawa di Mbulan Ndhadari bulan ini, Jumat (26/5).

“Supaya sastra dan budaya jawa tidak hilang, malah berkembang. Terutama di Magetan, seperti yang ada di Jogja dan Solo,” ungkap Bupati.

Pada kesempatan yang berikan, Setiadi menceritakan bahwa keanekaragaman budaya yang dimiliki Indonesia merupakan sebuah kekuatan. “Budaya menjadi super powernya Indonesia. Pusaka Jawa, salah satu pematik untuk munculnya pusat-pusat kajian budaya lainnya. Untuk memperkenalkan budaya jawa dan yang lainnya di kancah dunia,” jelas Setiadi.

Pusaka Jawa direncanakan tidak hanya meneliti budaya jawa. tetapi juga melestarikan dengan menghadirkan kegiatan milenial berbudaya jawa.(Diskominfo:fik / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here