Waspada Puting Beliung – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
29

Angin kencang yang melanda Desa Pesu dan Sumberejo di Kecamatan Maospati, mengakibatkan kerusakan fisik dibeberapa rumah penduduk dan fasum. Sebagai salah satu fenomena alam, akibat dari perubahan iklim global ini, puting beliung menjadi salah satu jenis bencana hidrometeorologi yang beberapa kali melanda Magetan, meskipun telah dimitigasi oleh pihak terkait, namun hal ini harus diimbangi dengan kewaspadaan seluruh elemen masyarakat.

Dirangkum dari Disaster Management Institute of Indonesia,  berikut beberapa hal yang harus kita lakukan jika terjadi angin puting beliung:

Jika  anda berada dalam rumah, maka yang harus anda lakukan adalah:Tutup dan kucilah jendela serta pintu, Ini merupakan bentuk keamanan pertama yang bisa anda lakukan di dalam rumah.

  • Padamkan aliran listrik dan peralatan elektronik.
  • Lepaskan regulator tabung gas
  • Berlindunglah diruang tengan atau Menjauh dari sudut ruangan, pintu, jendela dan dinding terluar bangunan.

Jika anda sedang berada di luar ruangan atau berada di dalam mobil maka yang harus anda lakukan adalah:Jangan tarap di atas tanah. Lihatlah sekeliling anda, jika terdapat bangunan kokoh maka berlindunglah. Hindari tiarap diatas tanah, jika disertai petir maka segeralah membungkuk, duduk dan peluk lutut anda ke dada.

  • Hindari berlindung di dekat tiang listrik, jembatan, jalan layang atau dibawah papan reklame.
  • Waspada terhadap sekitar, apabila terdapat benda-benda yang diterbangkan oleh angin.

(Diskominfo/kontrib.rif/dok.pusdalops-pb/fa2/IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here