Waspada Potensi Pencurian Data Jalur Update Story – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
17

#SobatKom

Dalam beberapa pekan terakhir, pengguna media sosial Instagram tengah menikmati fitur stiker “Add Yours” yang umumnya digunakan untuk berbagi kegiatan dan momen-momen menyenangkan bersama warganet.

Namun dalam perkembangannya, fitur itu ternyata rawan disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan atau pencurian data pribadi yang dibagikan warganet melalui unggahan “Add Yours” melalui Instagram Story.

Fitur baru Instagram itu berbentuk pertanyaan yang dapat dibalas oleh siapapun lewat Instagram Story. Pertanyaannya macam-macam, terbaru ada yang bertanya variasi nama panggilan, kota tempat tinggal, bahkan bertanya nama anggota keluarga. Di media sosial, banyak yang mulai mengemukakan kekhawatiran tentang challenge di fitur ini. Data-data pribadi yang diumbar dikhawatirkan bisa dimanfaatkan oleh penipu.

Dikutip dari laman detik.com Ketua Divisi Akses Atas Informasi SAFEnet, Unggul Sagena, mengatakan para pengguna harus tetap memastikan keamanan dari fitur atau aplikasi yang digunakan. Sebab, menurutnya tidak ada aplikasi yang menjamin kerahasiaan data.

Unggul mengatakan bukan hanya penipuan yang bisa terjadi. Tapi juga bisa saja digunakan untuk orang-orang yang fetish, jika foto yang diunggah merupakan foto fisik.

Unggul mengatakan pemilik ptalform harus mengevaluasi jika ada fitur yang dilaporkan masyarakat yang merasa terdampak. Sehingga bisa jadi masukan bagi platform terkait.(Diskominfo/Kementrian Kominfo/Detik.com/ryz/fa2)

#BersamaKominfo #MakinDigital #LiterasiDigital #waspadapenipuan #DataPribadi

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here