Unik, Bumdes Sumbermakmur desa Goranggareng Garap Ternak Sapi dan Kambing – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
5

Unik, Bumdes Sumbermakmur desa Goranggareng Garap Ternak Sapi dan Kambing

Bumdes Sumbermakmur gunakan potensi desanya untuk majukan ekonomi pedesaan. Kemampuan warga dibidang peternakan dan sumberdaya desa lainnya diolah dan digarap dalam wujud peternakan yang diberi nama sama dengan nama Bumdesnya, Sumber Makmur.

Ditemui di kandang peternakan Bumdes, dibelakang kantor desa Goranggareng. Tatak Pantjono Utomo, Kepala Desa Goranggareng, lalu menceritakan bagaimana awal mula munculnya peternakan domba dan sapi yang dimiliki oleh Bumdes Sumber Makmur desa Goranggareng ini, Kamis (25/4/2024).

Untuk awal berdirinya peternakan, Tatak berikan penjelasannya, “Peternakan ini kita mulai sejak bulan Juni 2023, dengan menggunakan dana desa. Peternakan ini berdiri diatas lahan tanah kas desa. Untuk tahun 2024 ini dana ketahanan pangan kita akan alokasikan untuk pengembangan kandang sapi yang ada. Untuk domba yang di ternak disini jenis Texel kalau sapi masih campur beberapa jenis.”

Lebih lanjut terkait dengan pakan dan dampak lingkungan, Tatak menjelaskan “Dalam memenuhi pakan kita sudah siapkan bank pakan dengan menanam rumput pakcong dan Indigofera. Selain pakan utama kita juga siapkan pakan tambahan berupa konsentrat, bekatul, ampas tahu dan jerami dengan mencari pakan murah yang berkualitas. Selain itu kita terus berinovasi sehingga areal peternakan ini tidak menimbulkan bau dan ramah lingkungan” ungkapnya.

Satu lagi yang unik dari peternakan ini yaitu “Selain untuk bisnis peternakan ini juga kita siapkan dalam segi sosial dengan santunan anak Yatim Piatu. Disini kita siapkan kandang khusus bagi domba anak Yatim yang merupakan bantuan dari pihak ke 3. Dulu santunan anak yatim kita berikan tunai sehingga kurang mendidik bagi anak anak tersebut, dengan adanya kandang domba santunan khusus anak yatim ini maka kita berupaya mengedukasi anak yatim tersebut agar bisa mengenal dan memahami usaha peternakan domba ini.” tutur Tatak tentang misi sosial dari Bumdes Sumbermakmur.(Diskominfo / kontrib.bst / fa2 / IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here