Tradisi Labuhan Sarangan Sebagai Bentuk Syukur Masyarakat – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
85

Tradisi upacara adat kembali di selenggarakan masyarakat Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jumat (2/4/2021). Upacara itu dilaksanakan setahun sekali setiap bulan Jawa Ruwah, menjelang Bulan Suci Ramadan. Bupati Magetan di dampingi kepala dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten magetan, Forkompinca plaosan, Sesepuh dan tokoh masyarakat serta masyarakat sekitar turut serta dalam upacara adat labuhan sarangan tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan, Kami atas nama pemerintah kabupaten magetan mengucapkan selamat dan mudah mudahan niat panjenengan labuhan ini memberikan dampak ekonomi dan kemakmuran untuk masyarakat Sarangan. Labuhan Sarangan ini sebagai rasa syukur dan wujud doa masyarakat Magetan Khususnya warga Sarangan. Lebih lanjut Suprawoto berpesan tetap jaga protokol kesehatan dan selalu mengingatkan kepada pengunjung semua jangan lengah karena covid-19 belom berakhir, sebab itu harus saling menjaga untuk keluarga dan semua yang kita sayangi, sehingga di era pandemi ini tetap produktif, dunia pariwisata tetap jalan yang nanti harapannya tetap hidup normal dengan tatanan hidup baru.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan Joko Trihono menyampaikan, ini adalah sebuah tradisi yang telah disiapkan oleh warga Sarangan. Kita juga memberikan apresiasi kepada warga masyarakat tatkala dalam masa pandemi ini masih melaksanakan kegiatan dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan seperti ini adalah partisipasi masyarakat dengan guyub rukun sehingga dapat berjalan lancar acara tersebut, seperti halnya kelurahan dan pemerintah Magetan hanya turut mendukung kelancaran acara tersebut. (Diskominfo: pb.ryz/dok.yus)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here