Tim Penilai Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Visitasi Calon Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi (CSAP) di Kabupaten Magetan

0
23

Menyadari pentingnya pelestarian lingkungan di Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, mencanangkan program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS). Program ini dilakukan di lingkup sekolah mengingat sekolah salah satu ruang belajar, bermain dan berinteraksi siswa dengan lingkungan sekitar.

Sekolah-sekolah di Kabupaten Magetan tidak ketinggalan ikut andil dalam menyukseskan GPBLHS. Bahkan ada sekolah yang mendulang prestasi. Yaitu mendapat penghargaan Adiwiyata–penghargaan bagi sekolah yang berpartisipasi aktif dalam GPBLHS.

Proses mendapatkan penghargaan Adiwiyata membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dalam seleksi Calon Sekolah Adiwiyata (CSA), sekolah harus lolos seleksi administrasi, kemudian tahapan verifikasi lapangan. Seperti SD Negeri Unggulan, SMPN 1 Magetan, SMPN 1 Karas dan SMPN 3 Kawedanan; keempat sekolah tersebut mendapatkan kunjungan dari Tim Penilai Adiwiyata Provinsi Jawa Timur pada Jumat (24/9).

Didampingi oleh Bakorwil I Madiun, DLH Kabupaten Magetan, Dindikpora Kabupaten Magetan–Tim Penilai Adiwiyata Provinsi Jawa Timur melakukan verifikasi lapangan kepada calon sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi tahun 2021 yang telah lolos seleksi administrasi. Poin penilaian yang dilakukan adalah bagaimana sekolah menerapkan 5 aspek GPBLHS, yaitu sanitasi dan kebersihan; konservasi air; konservasi energi; pengelolaan sampah; dan penanaman pemeliharaan pohon/tanaman. Serta, inovasi terkait lingkungan hidup.

Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan, Rahmawati Tri Y, ST.,M.Ling. mengatakan bahwa penghargaan Adiwiyata adalah bentuk apresiasi kepada sekolah-sekolah yang ikut serta menyukseskan GPBLHS. “Semangat Adiwiyata harus terus kita tularkan kepada sekolah-sekolah yang lain karena kebiasaan yang menerapkan perilaku dan berbudaya lingkungan akan memberi support terhadap keberhasilan pendidikan di sekolah.” akhir Rahmawati.

Sekolah di Magetan yang berhasil mendapatkan nilai baik dari Tim Penilai Adiwiyata Provinsi Jawa Timur akan ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur. Salam Lestari!!

(diskominfo/kontributor : DLH/fik/fa2)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here