SIANOMAN, Sistem Antar Obat Aman Tanpa Antrean RSUD Dr. Sayidiman Magetan – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
18

Efisiensi waktu pasien, Farmasi RSUD Dr. Sayidiman Magetan launching layanan SIANOMAN Bersama PT. Pos Indonesia, Senin (18/04).

SIANOMAN merupakan singkatan dari Sistem Antar Obat Aman Tanpa Antrean. Layanan ini bertujuan untuk menyingkat waktu pasien berada di Rumah Sakit. Sehingga, usai melakukan pemerikasaan dan mendapatkan resep, pasien tidak perlu menunggu lama untuk antre obat.

“Pasien datang langsung mengumpulkan resepnya sesuai loket, setelah itu petugas kita menawarkan kalau kita punya sistem pengantaran obat, di mana pasien tidak perlu antre. Nanti bisa pulang, obatnya diantar. Kalau pasien menyetujui, nanti kita arahkan ke loket antar obat”, tukas Nur Aini, salah satu petugan Farmasi di RSUD Dr. Sayidiman Magetan.

Di loket antar obat pasien akan berhadapan dengan petugas kantor POS. Mereka akan ditanya terkait alamat dan data diri lengkap. Setelah proses transaksi selesai, pasien bisa pulang dan menunggu Pihak Kantor POS mengantarkan obat yang telah diantrekan.

Untuk bisa mendapatkan layanan tersebut pasien akan dikenai tarif sebesar Rp 10.000. Pengantaran dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Magetan dengan biaya yang sama mulai dari pukul 09.00 s/d 14.00 WIB.

Ada obat-obat tertentu yang memang tidak bisa diantarkan menggunakan SIANOMAN, seperti misalnya obat yang mengandung narkotika dan psikotropika. Hal itu dilarang, karena obat-obatan tersebut beresiko disalahgunakan. Layanan ini sudah mulai diberlakukan sejak bulan Desember 2021 sampai dengan saat ini.(Diskominfo/nin/fa2/IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here