Serunya ikuti, Jeep Adventure dan Crosscountry ” Menjangan “. – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
9

Serunya ikuti, Jeep Adventure dan Crosscountry ” Menjangan “.

Jumat pagi deru mesin jeep hangati suasana dingin di Terminal Shuttle Bus Ngelo Sarangan. (22/3/23). Puluhan peserta dari perwakilan OPD beserta forkopimca Plaosan, tampak serius mendengarkan panduan dari Camat Plaosan, yang kali ini menjadi tour leader perjalanan.

Menjadi peserta pertama penjelajahan ” Menjelajah Negeri Plaosan Mengesankan ( Menjangan )”, memang sedikit mendebarkan. Arahan jalur dan panduan keselamatan dari TL betul-betul harus diperhatikan, di kegiatan wisata jeep adventure yang dipadu dengan crosscountry ini.

Tak menunggu terlalu lamban, dari Terminal Ngelo rombongan pun diberangkatkan, pelan dan beriringan lewati jalur Sarangan, Mojosemi dan akhirnya didepan LGF kami dibelokkan kekanan, dan langsung masuk hutan.

Memasuki area offroad, petualanganpun dimulai, disepanjang jalur lebat hutan, sempit jalan, kelokan, jalanan alami yang penuh semak belukar, naik turun disajikan, jeep kamipun terdengar sesekali meraung ketika menapaki tanjakan maupun turunan, sementara Mas Sugeng driver jeep kami dengan lincah mengemudikan kendaraan. Setelah lebih dari 1/2 jam sensasi offrod kami rasakan, akhirnya rombongan pun tiba di Lapangan Kampung Susu Lawu, untuk berhenti sebentar.

Petualangan hari itu belum berakhir, lanjut dengan crosscountry, dengan start di gerbang jalur pendakian Singolangu, susuri jakur setapak dengan suasana rimbun hutan, hingga disepanjang jalur kami temui kebun sayur dan buah di kanan dan kiri jalan. Fisik yang prima dibutuhkan dijalur ini, karena tanjakan dan turunanya memang lumayan, tetapi jangan takut hal itu terbayar dengan indahnya pemandangan, selain itu dijalur ini kita juga dapat berinteraksi dengan para petani yang sedang menggarap lahan. Bahkan beberapa kawan diberi kesempatan mencicipi buah tomat fresh langsung dari petaninya. Nah di jalur ini kita juga dapat berselfie disavana mini, tepatnya di 200an meter sebelum titik penjemputan.

Selepas penjemputan, petualangan belum berakhir dengan naik jeep kita susuri jalur-jalur sawah dan perkebunan di Singolangu hingga akhirnya masuk jalur primer Sarangan Cemorosewu, untuk kembali ke terminal Ngelo.

Camat Plaosan, Dian Maheru menyatakan ” Menjangan merupakan alternatif wisata lain,dirintis oleh Kecamatan Plaosan, wisata ini memadukan wisata jeep dan hiking , dimana didalamnya juga dimaksud untuk lebih mengenalkan potensi sayur di kecamatan Plaosan”

Sementara itu Didie, salah satu peserta dari UPBJ menyatakan, “Sangat terkesan dengan Menjangan, rute jeppnya itu lho menegangkan, asyik untuk dicoba, dilanjut dengan hiking memasuki hutannya yang menyenangkan, dan setelahnya sarapan dengan pecel sarangan, rasanya mantab” kesan Didie.(Diskominfo / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here