Segudang keunikan Pasar Nilowati di Kelurahan Kraton kecamatan Maospati – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
61

Segudang keunikan Pasar Nilowati di Kelurahan Kraton kecamatan Maospati

Magetan . Sendang Kamal yang terletak di Kelurahan Kraton Maospati kabupaten Magetan mempunyai daya tarik sejarah yang tidak dapat dipandang sebelah mata, dengan keberadaan prasasti sendang kamal yang mempunyai nilai yang cukup tinggi.

Sebagai upaya melestarikan nilai sejarah keberadaan prasasti Sendang Kamal sekaligus menambah daya tarik wisatawan agar mau berkunjung di daerah kelurahan Kraton ini para penggiat desa wisata yang tergabung dalam Pokdarwis Soeronegoro menggelar pasar masakan yang diberi nama Pasar Nilowati.

Nugroho Pengelola Sendang Kamal sekaligus Ketua Pokdarwis Soeronegoro (Minggu, 15/10/2023) mengatakan ” Kita mengambil nama pasar Nilowati ini sebagai bentuk upaya kita mengabadikan salah satu tokoh yang menemukan Sendang Kamal ini berbarengan R.P Soeronegoro Adipati Madiun.
Ada beberapa hal aneh yang kami sajikan di sini. Diantaranya adalah penggunaan koin dari tempurung kelapa sebagai alat transaksi ,kemudian seluruh pedagang menggunakan kain lurik sebagai bentuk pelestarian baju tradisional jawa. Nah ini ada lagi keunikan yang tidak dimiliki oleh destinasi wisata masakan lainnya yakni penggunaan botol sebagai penanda bagi pedagang ketika pembukaan pasar sebagai daya tarik disini dan yang tidak kalah menarik adalah tari Gambyong yang dibawakan oleh para pedagang yang berkolaborasi dengan pengunjung yang turut serta menari. “ujar Nugroho.

Agung Bendahara Pokdarwis Soeronegoro mengatakan ” Pedagang yang berjualan disini ada 13 pedagang dengan beragam aneka makanan nusantara. Yang menjadi ikon masakan disini adalah soto obor sebagai masakan khas kelurahan kraton Maospati yang dicanangkan oleh Bupati Magetan. Soto dengan kombinasi sundukan ayam ini mempunyai rasa yang khas yang tidak ditemui di daerah lainnya.(Diskominfo / kontrib.Bst / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here