sasaran Liburan Idul Fitri di Magetan kondusif Nyaman, Polres Gelar Rakor Operasi Ketupat – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
49

sasaran Liburan Idul Fitri di Magetan kondusif Nyaman, Polres Gelar Rakor Operasi Ketupat

Bertempat di Ruang Pesat Gatra Polres Magetan Rapat Koordinasi Operasi ketupat Semeru 2023 digelar, Dipimpin oleh Bupati, Kapolres dan Dandim meminpin rapat koordinasi tersebut. Kamis, (13/04/23)
“Digelar mulai 18 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023, hari Senin tanggal 17 dilaksanakan Gelar laskar, untuk menyiapkan seluruh personil, sehingga Magetan siap untuk melaksanakan pengamanan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2023. Untuk kegiatan masyarakat tidak dibatasi oleh PPKM, akan berdampak langsung dengan jumlah pemudik maupun jumlah wisatawan. Magetan mempunyai banyak letak wisata Magetan’’ ungkap Kapolres.
Kapolres kemudian menyatakan “ Polres Magetan menyiapkan 9 pos , 2 pos pelayanan dan 7 pos pengamanan. Diharapkan dengan adanya pos pam dalam operasi ketupat dibantu Kodim, AU , dan dibantu unsur masyarakat lain untuk memberikan layanan terbaik untuk masyarakat, operasi ketupat Semeru ini termasuk operasi kemanusiaan,diman salah satunya kegiatan untuk mengamanan tempat ibadah “
Dikesempatan yang sama Bupati Magetan menyatakan “ Indonesia itu aneh, liburan keagamaan , menyebabkan mobilisasi penduduk yang luar normal, lebaran sudah menjadi menjadi liburan seluruh rakyat Indonesia, tidak hanya untuk umat Islam saja, menurut prediksi dari Kementerian Perhubungan pemudik tahun ini naik 14 % dari tahun 2022, sekeliling 126 juta pemudik, untuk Magetan tahun lalu diperkirakan jumlah pemudik 55.000, untuk tahun ini tentunya akan ada kenaikan, sehingga perlu persiapan yang matang, dipersiapkan fasilitas yang bagus” .
Budaya mudik memang sudah mandarah daging dan menjadi budaya. Selalu ada yang kurang kalau setelah menjalani bulan puasa tapi tidak mudik. “ Mudik menjadi budaya, adalah kewajiban dari kita yang ada sebagai tuan rumah di Magetan untuk melayani pemudik sekaligus wisatawan dengan bagus.” Ungkap Bupati.
Dari sector ekonomi, dampak mudik sangat luar normal, “ Peredaran duit yang berasal dari pemudik dan wisatawan besar dimusim lebaran sangatlah besar, dari 55.000 pemudik tentunya akan membelanjakan uangnya ditambah lagi dari wisatawan, ini yang akan dapat menggerakkan ekonomi, harus dimanfaatkan. Sekaligus untuk memperkenalkan destinasi wisata, kepada para pemudik wisatawan yang akan mengekspose liburan meraka di media sosial. Untuk itu mari kita jadi tuan Rumah yang bagus, sehingga pemudik dan wisatawan meninggalkan kenangan yang bagus dengan keramahan dan kebersihan tempat wisata, sehingga dapat mengajak yang lain untuk berkunjung dan berwisata di Kabupaten Magetan”, pungkas Bupati

tetap dalam kesempatan yang sama Dandim 0804 Magetan, menyatakan Dalam penyelenggaraan operasi dibutuhkan stamina, kesehatan serta mental ketika melaksanakan tugas, karena masa tugas yang cukup lamban. Serta cuaca yang kurang mendukung, termasuk bencana tanah longsor, pohon tumbang. Respon cepat untuk menyikapi hal tersebut membutuhkan kerjasama yang bagus”. “Terkait pos yang sudah dipersiapkan, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, akan tetapi dilapangan terkadang masyarakat terkadang tetap enggan untuk memakai fasilitas tersebut, maka perlu sosialisasi ke masyarakat” lanjut Dandim.
“ Untuk tempat rekreasi, penumpukan pengunjung kendaraan untuk dapat dikoordinasikan dan diinfokan oleh pengelola, supaya dapat diurai kepadatannya ” pungkas Dandim.(Diskominfo / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here