Sarat Akan Sejarah Kabupaten Magetan, Peluncuran Buku Ke-3 Trilogi Madiun Raya; Banteng Terakhir Kesultanan Yogyakarta

0
796

Sarat Akan Sejarah Kabupaten Magetan, Peluncuran Buku Ke-3 Trilogi Madiun Raya; Banteng Terakhir Kesultanan Yogyakarta

SobatKom
Kabupaten Magetan dipilih menjadi letak peluncuran buku ketiga dari Buku Trilogi Madiun Raya : Banteng Terakhir Kesultanan Yogyakarta, acara digelar di Pendapa Surya Graha, Jumat (25/8).

Buku karya ke-3 dari Trilogi Madiun Raya tersebut sarat akan sejarah lokal Kabupaten Magetan karena erat hubungannya dengan Ronggo Prawirodirjo III seorang Bupati Brang Wetan (sekarang ex-karesidenan Madiun) yang bertahta di Kraton, Maospati.

Buku karya Akhlis Syamsal Qomar tersebut menjadi perhatian khusus bagi Bupati Magetan Suprawoto yang dalam kesempatan tersebut sebagai salah satu narasumber berbarengan Peter Carey melalui sambutannya mengungkapkan apresiasinya karena peluncuran buku yang membahas kiprah Ronggo Prawirodirjo III dapat dilaksanakan di Magetan,”sejarah lokal adalah sejarah yang harus dipahami oleh masyarakatnya,” sambutnya.

Disisi lain Peter Carey, Sejarawan dalam kesempatan tersebut juga berharap akan semakin banyak pemuda yang ikut andil dalam sejarah “ kita di Nagetan dapat menghargai leluhur dengan menciptakan koneksi dengan leluhur, tanpa koneksi hanya tinggal nama dan koneksi tersebut dengan buku dan bangga atas sejarah Madiun raya,” paparnya.

Adapun Akhlis Syamsal Qomar sang penulis menambahkan bahwa buku Banteng Terakhir Kesultanan Yogyakarta ini adalah puzzle dari sejarah Madiun raya, “ saya berharap sejarah daerah agar senantiasa dapat saling menyapa melalui crosscek data seperti sejarah Magetan ini tak lepas dengan daerah sekitarnya,”pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Magetan didampingi Istri, Ketua Yayasan Arsari Djojohadikusumo, Ketua BPPI, jajaran dari Kepustakaan terkenal Gramedia, OPD terkait dan guru sejarah SLTP dan SLTA Kabupaten Magetan.(Diskominfo:ayy / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here