Rapat Forum Perangkat Daerah dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2022 – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
82

Magetan – Sekretaris Dinas Kominfo Joko Waluyo S.E. M.Eng. pimpin rapat Forum Perangkat Daerah dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 di Ruang Rapat Dinas Kominfo (04/03/21) pukul 09.00 WIB. Rapat dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Kominfo, seluruh Kepala Bidang Kominfo, dan OPD dari dinas lain.

Dalam rapat tersebut dijelaskan penyusunan RKPD tahun 2022 dimulai dari Musrenbang desa dan kelurahan, Musrenbang kecamatan, Forum Konsultasi Publik dan sudah ditandatangani Bappeda. RKPD tahun 2022 ditujukan untuk meningkatkan nilai tambah dalam rangka memperkuat daya saing produk lokal melalui penetapan informasi teknologi.

Tahapan penyusunan RKPD yaitu OPD (Dinas Kominfo) menyusun rancangan awal, tahun 2022.  Rancangan awal itu dibahas dalam forum perangkat desa kemudian akan dibuat berita acara. Setelah melalui proses penyempurnaan berita acara akan diserahkan ke Bappeda untuk diklarifikasi.

Rancangan awal, kegiatan di bidang TIK antara lain: penyediaan fiber internet, pemasangan fiber optic, pemeliharaan jaringan, pengelolaan data center, pengembangan aplikasi, pengembangan smart city, pengengbangan sumber daya berita.

Sedangkan rancangan awal untuk bidang IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) yaitu memantau opini dan kebijakan publik, analisis konten media, publikasi dan isonasi informasi, pengelolaan media komunikasi publik (mengelola radio magetan indah LPPL Magetan, pengelolaan PPID, layanan pengaduan, penyelenggaraan humas dan media).

Pada bidang Statistik dan Persandian antara lain pembukuan dan pengelolaan data statistik. Serta tata kelola keamanan informasi dan audit keamanan informasi.

Bappeda menjelaskan kebijakan RKPD pada tahun 2022 akan berbeda dengan apa yang disampaikan Sekretaris Dinas Kominfo karena ada perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Ranwal RKPD.

Pada tahun 2022, diharapkan pengembangan wisata yang direncanakan sebagai Kota Wisata yang menjadi salah satu program dari smart city. Penyediaan internet gratis di pusat keramaian seperti alun- alun Magetan, Taman, pasar baru, dan mall pelayanan publik. Pada akhir acara forum ini dilakukan penandatanganan oleh perwakilan wartawan Bappeda.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here