Pertama Kali Digelar, Kontes Kambing Dan Domba Piala Bupati Magetan 2024 Antusiasme Kontestan Luar Biasa

0
158

Pertama Kali Digelar, Kontes Kambing Dan Domba Piala Bupati Magetan 2024 Antusiasme Kontestan Luar Biasa.

Kontes kambing dan domba ini pertama kali digelar di Kabupaten Magetan yang dilaksanakan di Taman Ria Kecamatan Maospati, Minggu (2/6). Acara dihadiri Pj. Bupati Magetan, Pj. Sekda Magetan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala OPD terkait, Komisi B, Forkopimca Maospati.

Ketua panitia Andika Saputra Utama menyampaikan, event ini adalah event perdana yang digelar di Magetan. Kegiatan kontes kambing – Domba Piala Bupati Magetan 2024 ini merupakan kolaborasi antara Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Magetan dengan Paguyuban Sedulur Peternak Kambing- Domba Plat AE.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang ternak jenis kambing – domba yang berkualitas baik secara genetik, meningkatkan minat masyarakat untuk menjadi peternak kambing –

domba sebagai salah satu penopang ketahanan pangan, memberikan sebuah motivasi bagi peternak untuk meningkatkan perbaikan genetik sehingga mampu memberikan kesejahteraan yang lebih baik,” ungkapnya.

Bentuk kegiatan berupa Lomba ternak kambing-domba dengan 11 kategori yang dilombakan. Diantaranya kelas Seni ada 6 kelas, kelas Bobot ada 5 Kelas.

Pj bupati Magetan Ir. Hergunadi., M.T. menyampaikan, tentunya kegiatan seperti ini pemerintah Magetan sangat mendukung sekali, ini akan sangat berdampak kepada peternak di Kabupaten Magetan. Kegiatan ini salah satunya untuk memperbaiki gen dari ternak, sehingga ternak yang ada di Magetan mendapat bibit yang unggul. “Kami berharap seuluruh peserta ini mempunyai keahlian dalam peternakan dan aktif berkoordinasi kepada dinas terkait agar apa yg dibutuhkan, pemerintah dapat membantu sesuai anggaran,”tegasnya.

Pada ajang kontes kambing domba ini juga merupakan sarana edukasi bagi masyarakat akan budidaya dan jenis – jenis bibit ternak kambing/domba yang unggul, yang berkualitas sebagaimana ternak kontestan hari ini.

“Kami berharap dengan pelaksanaan kontes ini membawa perubahan yang signifikan terhadap dunia peternakan dan untuk saling bersinergi dalam mewujudkan kemajuan dunia peternakan kambing dan domba serta kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.(Diskominfo:wan / fa2 / IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here