Pengukuran Kebugaran Jasmani Calon Jamaah Haji Kabupaten Magetan – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
9

Pengukuran Kebugaran Jasmani Calon Jamaah Haji Kabupaten Magetan

SobatKom

Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Kesehatan laksanakan pengukuran kebugaran jasmani calon jamaah haji, Selasa (05/03) di Stadion Yosonegoro Kabupaten Magetan.

Tercatat sebanyak 440 calon jamaah haji asal Magetan yang akan berangkat ke tanah suci tahun 2024 ini.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Rohmat Hidayat hadir membuka acara, berharap calon jamaah haji mendapat hasil tes kebugaran yang baik.

‘Menurut Permenkes Nomor 15 tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jamaah Haji, istithaah kesehatan adalah keadaan melaksanakan ibadah haji secara fisik, mental, dan perbekalan dalam kondisi sehat, tes kebugaran ini adalah langkah awal untuk fisik prima dan optimal sehingga tubuh dapat beradaptasi,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama dr. Budi Setya Nugraha Kepala UPTD Labkesda Kabupaten Magetan turut mengedukasi CHJI Magetan, Pihaknya menyebutkan bahwa untuk melihat kebugaran yakni dengan mengukur tingkat kemampuan tubuh dalam melakukan pekerjaan / aktivitas sehari-hari secara efektif dan efisien dalam waktu yang relatif lama tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

“Kebugaran yang dilakukan diantaranya senam pemanasan ,pemeriksaan tekanan darah, berat badan & tinggi badan dan Pengukuran kebugaran dengan Metode Rockport”, terangnya.

Selanjutnya para calon jamaah haji bersiap untuk. melakukan tes kebugaran, ada 2 tes kebugaran masing-masing sesuai kondisi calon jamaah haji yaitu CJHI dengan risiko tinggi melakukan test jalan 6 menit sedangkan untuk non resiko akan lari 1,6 km serentak sekitar 4 kali putaran.

Adapun petugas screening terbagi menjadi 3 antara lain petugas haji, petugas olahraga dan petugas dari masing masing puskesmas di seluruh Kecamatan se Magetan.(Diskominfo:ay / fa2 / IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here