Pameran Tosan Aji : Transformasikan Budaya di Era Globalisasi

0
15

Paguyupan Sejarah Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif (PEKATIK) bersama Komunitas Tosan Aji se-Kabupaten Magetan mengadakan Pameran Tosan Aji dengan tema “Budaya di Era Globalisasi”. Bertempat di Gedung Tripandita, Pameran tersebut berlangsung sejak 25 – 27 November mendatang, dan dibuka untuk umum pada pukul 10.00 – 21.00.
.
Mbah Juno selaku Ketua Pekatik dalam sambutannya menyampaikan pameran Tosan Aji ini sebagai wujud peran serta warisan budaya, dan bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan warisan budaya serta menumbuhkan motivasi dan edukasi kepada masyarakat khususnya kaum milenial.
.
Dalam kesempatannya Bupati Magetan, Suprawoto didampingi Forkopimda dan OPD terkait memukul gong sebagai tanda dibukanya pameran yang diikuti oleh sejumlah 170 Tosan Aji dari berbagai daerah, diantaranya Magetan, Madiun, Kediri, Ngawi, Surakarta, Jogja, Malang, Mojokerto, Ponorogo dan Pekalongan. Ia berharap agar kegiatan seperti ini akan rutin dilakukan di waktu mendatang. Tosan Aji sebagai salah satu warisan budaya yang diakui oleh dunia harus dipelihara dengan baik. “Marilah kita transformasikan warisan budaya ini kepada anak-anak kita, utamanya anak-anak di era milenial agar mereka nantinya tidak tercabut dengan budaya asing”, pesannya.
.
Pameran ini juga dimeriahkan dengan berbagai kesenian daerah antara lain : Reog, Klenengan, Musik Angklung, serta Workshop Pembuatan Keris Secara Langsung oleh Empu Mng. Daliman Puspobudoyo dari Surakarta dan Empu Teguh dari Magetan. (25/11/2021)
(Prokopim/pi/dok.gtm/KD1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here